SELATPANJANG, GORIAU.COM - Tak ada yang menyangkal kalau Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan daerah potensial untuk tanaman sagu. Bahkan Kepulauan Meranti kini menjadi salah satu daerah penghasil sagu terbesar di Provinsi Riau bahkan ketiga terbesar di dunia. Karena Meranti layak dijadikan sebagai daerah wisata kuliner sagu.

''Pemkab Meranti sudah mengusulkan kepada pemerintah pusat agar Meranti juga dijadikan sebagai cluster sagu nasional dan menjadikan Meranti sebagai daerah wisata kuliner makanan sagu,'' ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Meranti Ishak Izrai, Senin (1/4/2013).

Menurut Ishak, banyak makanan yang bisa dibuat dari sagu, sebut saja seperti mie sagu, brownies sagu, kue semprong sagu, kue bangkit sagu, sagu lemak, sagu ghendang dan sesagun sagu. Serta makanan cepat saji antara lain lempeng (pizza) sagu, sempolet sagu, kepurun sagu, ongol-ongol sagu, cendol sagu. Dan masih banyak jenis makanan turunan berbahan sagu.

Untuk itu, Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Meranti berharap kepada pengusaha hotel, pengusaha restaurant, maupun rumah makan agar dapat menyuguhkan cendol sagu dan kue bangkit sagu, sebagai sambutan welcome drink atau minuman pembuka bagi para tamu hotel, restoran yang sedang berkunjung di Meranti.

“Ini akan memberi kesan positif bagi tamu hotel yang berkunjung di kota Selatpanjang,”sebut Ishak lagi. (kpt)