PEKANBARU - Kota Pekanbaru akan menyongsong hari ulang tahun (HUT) ke-236 pada 23 Juni 2020 mendatang. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menggelar berbagai perlombaan untuk memeperingati hari tersebut.

Ketua Panitia HUT Ke-236 Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan bahwa pihaknya sudah merancang berbagai perlombaan yang dapat diikuti oleh masyarakat. Sehingga ditengah pandemi Covid-19, kemeriahan hari jadi Pekanbaru dapat tetap dirasakan oleh masyarakat Pekanbaru sendiri.

Berbagai perlombaan itu diantaranya lomba RW siaga yang akan diikuti oleh perwakilan RW dari setiap kelurahan, kemudian lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam rangka kewaspadaan Covid-19, dan lomba membuat video pendek berdurasi 2-4 menit untuk kategori ASN bertemakan kegiatan-kegiatan inovasi yang ada di OPD masing-masing terhitung tahun 2012 hingga 2020.

Selain itu, lomba video pendek ini juga bisa diikuti oleh masyarakat, dengan tema kesiapan menghadapi new normal life. Dimana masyarakat menunjukkan bagaiman kesiapannya dalam menerepakan protokol kesehatan ya g ditetapkan untuk mencegah penularan virus Corona.

"Jadi, ditengah pandemi Covid-19 saat ini, "Bersempena Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke-236, Kita Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Covid-19 dan Menuju Smart City Madani" menjadi tema acara HUT Ke-236 Kota Pekanbaru," ujar Indra, Rabu (10/6/2020).

Selanjutnya, Pemko Pekanbaru juga merancang perlombaan penerapan protokol kesehatan antar organisasi perangkat daerah (OPD), sekolah, kantor-kantor pemerintah, pasar, maupun di Masjid Paripurna se-Kota Pekanbaru. Lomba ini juga bertujuan agar sosialisasi Perilaku Hidup Baru (PHB) dan protokol kesehatan dapat lebih disampaikan kepada masyarakat.

"Kita juga akan menggelar festival lampu hias, kita minta kantor pemerintahan dan swasta yang berada di sepanjang jalan Sudirman untuk membuat lampu hias. Agar Kota kita terlihat cantik di hari ulang tahunnya, dan nanti akan ditinjau oleh Muspida dan diberikan piagam penghargaan bagi pemenang," lanjutnya.

Tak hanya bagi masyarakat umum dan ASN, perlombaan juga diadakan bagi pelajar ditingkat SD, SMP, dan SMA Kota Pekanbaru. Seperti lomba puisi, cerpen, dan Mading. Hadiah bagi para pemenang lomba akan diserahkan pada hari puncak hari jadi Pekanbaru ke-236.

"Puncaknya akan dipusatkan di perkantoran walikota di Tenayan Raya pada 23 Juni mendatang,"pungkasnya.***