PEKANBARU - FD Squad merupakan komunitas pecinta Civic generasi 8, atau yang sering disebut Civic FD1. Sejak dibentuk Januari 2016 lalu, di Pekanbaru Provinsi Riau, komunitas ini berkembang pesat dan sudah beranggotakan 45 owner.

FD Squad Pekanbaru awalnya dibentuk oleh empat punggawa penggila Civic FD1, Januari 2016 lalu. Meski usianya terbilang baru 'anak kemarin sore' namun eksistensi owner-owner FD Squad tak bisa dipandang sebelah mata.

Tak sekedar hobi sesama penggila Civic generasi 8, mereka juga kerap berbagi informasi seputar otomotif, modifikasi, bahkan hingga soal dapur pacu serta tongkrongan yang ciamik. Tak cukup di situ, FD Squad juga terlibat berbagai aksi sosial.

Melesat bak ditikungan, eksistensi FD Skuad Pekanbaru kini cukup tersohor diberbagai komunitas penggila roda empat lainnya. Ditambah lagi para owner mereka kerap 'mejeng' diberbagai event, baik lokal maupun nasional.

Berbagai penghargaan pun berhasil mereka Sabet. Bahkan Sabtu (21/1/2017), nama FD Squad lagi-lagi jadi 'buah bibir', lantaran menjejerkan 32 unit mobil mereka dengan one brand (satu merek) di salah satu kontes yang digelar di Pekanbaru.

"Soal modifikasi bukan yang utama, ini hanya hobi saja. Kita di sini mengedepankan kekeluargaan. Kami membentuk FD Squad sebagai wadah silaturahmi khususnya pemilik mobil yang sama," ungkap Penasehat FD Squad Pekanbaru, Iwan Lesmana Riza.

Setiap pekan para owner selalu menyempatkan diri untuk hadir Kopi Darat alias Kopdar. "Biasanya tiap Jumat, kami kumpul dan saling tukar informasi, membahas seputar mobil, asesoris dan agenda-agenda bakti sosial," lanjut dia diwawancarai GoRiau.com (GoNews Group).

Mulai dari anak muda hingga yang sudah berumur pun bebas 'menggeber' wawasan. Tak ada rasa canggung dari para owner FD Squad ini. "Meski beda usia, kita saling menyesuaikan. Yang penting tujuannya adalah mempererat silaturahmi," ulas Iwan.

Berawal dari kesolidan para owner inilah yang membuat FD Squad Pekanbaru kian mantap, sehingga muncul sebagai komunitas yang tak sekedar hanya keren-kerenan, melainkan juga menghasilkan karya dan prestasi.

"Anggota kita juga pernah juara modifikasi level nasional (Se-Indonesia) kategori street racing serta skala Sumatera. Dari situ kita saling bertukar pengalaman, bagi yang ingin menyalurkan, kita sama-sama membantu," sambung dia.

Sebab itu, banyak sekali hal positif dirasakan para anggota FD Squad Pekanbaru. Bahkan soal 'isi kantong' sekalipun. "Ya, member kita pasti dapat harga miring bila ingin membeli apa-apa (terkait kebutuhan mobil). Kita ada jaringan ke distributornya," yakin Iwan.

"Kita juga ingin merubah imej, bahwa anak mobil juga bisa melakukan banyak hal yang bermanfaat bagi sesamanya dan orang lain. Apalagi di sini banyak anak muda, kita bawa mereka melakukan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat," ucapnya.

Sayangnya, meski sekarang bisa dibilang cukup eksis, awal berdirinya FD Squad ternyata tidak begitu mendapat support dari pihak pabrikan mereka, Honda. "Baru setahun ini Honda bisa dibilang membuka diri dan mendukung kita," bebernya.

Ke depan, komunitas yang diketuai Rizal Nainggolan dan wakilnya Nanan tersebut sudah meramu berbagai program. Tentu ini dilakukan sebagai bukti eksistensi mereka, sekaligus buat menggaet member baru pemilik Civic FD1 di Kota Pekanbaru.

"Kami ingin menarik lebih banyak lagi masyarakat Pekanbaru untuk bergabung. Sama-sama menyalurkan hal positif dan punya wadah yang tepat untuk sharing. Ke depan kita juga sudah planningkan untuk membuat event, mudah-mudahan," ungkap Iwan.

Bicara soal modifikasi, Iwan beranggapan bahwa ini merupakan 'hasrat' dari setiap pemilik kendaraan. Sebab itu, modifikasi bukan syarat utama untuk bergabung dengan FD Squad Pekanbaru.

"Silahkan saja bagi yang ingin bergabung, bisa follow Instagram kami di fdsuad_pekanbaru atau hubungi kontak person di 08127618091 saja. Syaratnya yang penting punya FD1," pungkas Iwan Lesmana Riza.

Penasaran dengan FD Squad Pekanbaru, simak kerennya mereka di Video: FD Squad Pekanbaru Perform (GoRiau.com channel Youtube)*/had