PEKANBARU – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru mengambil alih kelola Pasar Wisata, yang saat ini sedang diproses lelang. Hal ini dikarenakan, kontrak dengan perusahaan ketiga sebelumnya berakhir hari ini, Senin (16/5/2022).

"Pemko Pekanbaru merupakan pemilik aset Pasar Bawah. Hari ini adalah hari terakhir PT Dalena mengelola Pasar Bawah," ujar Wali Kota Pekanbaru, Firdaus.

Ia menjelaskan, Pemko Pekanbaru sudah melakukan proses lelang untuk mendapatkan mitra baru terkait Pasar Wisata. Proses lelang akan selesai dalam satu bulan.

"Dari mitra baru itu, kami ingin mereka melakukan revitalisasi terhadap Pasar Bawah. Pasar Bawah diubah menjadi lebih kekinian," jelasnya.

Ia berharap, proses lelang dapat segera selesai dan pemenang lelang segera didapat untuk mengelola pasar tersebut.

Sebelumnya, Disperindag Pekanbaru sudah mendapatkan 3 perusahaan yang mendaftar untuk lelang pasar Wisata. Perusahaan itu diantaranya PT Ali Akbar Sejahtera, PT Devario Multi Karya, dan PT Total Bangun Sejahtera.

Namun, perusahaan-perusahaan itu masih harus menjalani verifikasi dan tahap lainnya sebelum dijadikan mitra untuk pengelolaan pasar. Ia menyebut, kebijakan kerjasama dengan perusahaan pihak ketiga dilakukan secara Kerjasama Pemanfaatan (KSP) yang bisa berlangsung hingga 30 tahun.

"Sudah tiga perusahaan yang ambil berkas dan kita akan lakukan verifikasi. Kemudian kita baru seleksi untuk proses tender," pungkasnya. ***