PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan menyatakan jumlah penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) mengalami peningkatan yang cukup tajam dari jumlah penderita sebelumnya.

"Kondisi saat ini cukup mengkhawatirkan, pagi hari ini sudah tercatat sudah ada 1343 kasus penderita ISPA. Sebelumnya, kemarin di hari Selasa (18/2/2014) jumlah penderita ISPA akibat kabut asap di daerah ini sebanyak 866 kasus,"ungkap Kadiskes Pelalawan, Dr Endit RP melalui Kabid P2PL, Dr Rafles, Rabu (19/2/2014).

Lanjut Rafles, data yang di peroleh Diskes dari puskesmas-puskesmas di daerah ini, pagi ini saja sudah tercatat 1343 kasus.

"Dari jumlah tersebut, yang terbanyak terjadi di Pangkalan Kuras dengan 286 kasus, Kuala Kampar 276 kasus, Kerumutan 179 kasus, selebihnya di sumbang dari kecamatan lain seperti Pangkalan Kerinci dan Pangkalan Lesung,"sebutnya.

Dari jumlah tersebut, masih kata Rafles, Kecamatan Pangkalan Kuras merupakan jumlah tertinggi kasus ISPA di Kabupaten Pelalawan.

Saat di tanya apakah ada kemungkinan jumlah penderita ISPA akan terus bertambah, Rafles mengatakan berkemungkinan besar jumlah penderita ISPA akan terus bertambah.(rkn)