JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makarim, mengungkapkan bahwa 'Merdeka Belajar' adalah tema penting dalam transformasi dunia pendidikan nasional guna menciptakan generasi yang merdeka dalam berpikir.

"Karena merdeka berpikir adalah cara untuk bisa beradaptasi dengan berbagai tantangan ke depan," kata Nadiem dalam siaran virtual bersama FMB9, Jumat (22/1/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Nadiem mengungkapkan bagaimana merdeka belajar diterapkan di dunia kampus. Ia menyebut beberapa episode (tahapan implementasi) yang salah satunya adalah membiarkan mahasiswa untuk belajar di luar prodi (program pendidikan) dalam beberapa waktu di masa awal mahasiswa memasuki dunia kampus.

Mereka bisa belajar di perusahaan-perusahaan hebat, NGO ataupun Ormas-Ormas hebat, maupun lembaga lainnya, agar mahasiswa bisa lebih bebas menyerap pengetahuan.

Nadiem menegaskan, "Masa depan membutuhkan anak-anak yang punya wawasan yang lebar,".

Pantauan GoNews.co, siaran IG tersebut ditonton sebanyak 6 akun Instagram pada pukul 13.16 WIB, dan meningkat menjadi 284 akun pada pukul 13.29 WIB.***