TELUKKUANTAN – Bulan Ramadan merupakan bulan suci penuh keberkahan dan selalu ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Umat Islam tidak hanya menjalankan ibadah puasa, tapi mengisi Ramadan dengan berbagai kegiatan positif.

Umat Islam berlomba-lomba beribadah untuk mendapatkan keberkahan Ramadan. Begitu juga dengan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Telukkuantan.

Lapas Kelas IIB Telukkuantan dihuni oleh 424 orang warga binaan. Sebenarnya, Lapas ini sudah over kapasitas dan menyandang status Lapas terpada ketiga di Indonesia.

Menurut Bejo, Kepala Lapas Kelas IIB Telukkuantan, suasana Ramadan di dalam Lapas tidak jauh berbeda dengan di luar. Warga binaan tetap semangat menjalankan ibadah di tengah menjalani hukuman.

"Kegiatan rutin seperti di luar, mulai sahur, salat lima waktu, salat tarawih berjamaah dan tadarus sampai pukul 22.00 WIB," kata Bejo melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Aldino Octalaperta, Rabu (27/3/2024) di Telukkuantan.

Suasana Ramadan semakin terasa indah di dalam Lapas, ketika dilaksanakannya lomba tausiah dan azan antar warga binaan.

"Beberapa waktu lalu, pihak pembinaan melaksanakan lomba tausiah dan azan antar warga binaan. Alhamdulillah, warga binaan sangat bahagia dan kegiatan berjalan sukses," kata Aldino.***