TELUKKUANTAN - Masyarakat Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mengapresiasi PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang terus konsisten dalam pelestarian budaya pacu jalur. Dimana, setiap tahun perusahaan tersebut selalu membantu pelaksanaan festival pacu jalur.

Tahun ini, PT RAPP menyerahkan bantuan senilai Rp150 juta kepada panitia pelaksana. Angka tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya Rp100 juta.

"Kami masyarakat Kuansing sangat berterimakasih kepada PT RAPP yang selalu mensukseskan iven pacu jalur," ujar H. Halim, Wakil Bupati Kuansing yang juga ketua umum festival pacu jalur 2017.

Dikatakan Halim, perusahaan lain yang beroperasi di Kuansing hendaknya mencontoh kepedulian PT RAPP. Sehingga, iven nasional ini berjalan dengan sukses dan meriah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, PT RAPP tak hanya membantu pendanaan panitia pacu jalur, tapi juga membina jalur. Adalah Siposan Rimbo RAPP yang selalu menjadi andalan perusahaan tersebut.

Sejak dibina RAPP, Siposan Rimbo RAPP sudah dua kali menjadi juara nasional, yakni pada tahun 2014 dan 2016. Sipisan Rimbo RAPP dari Desa Pauh Angit Pangean berhasil memboyong piala bergilir Menteri Pariwisata dan Gubernur Riau ke kandangnya.

Selain Siposan Rimbo RAPP, jalur lain yang dibina RAPP yakni Tuah Inayan Mandulang Untuang RAPP dari Pulau Aro Kecamatan Kuantan Tengah. Jalur ini tak diragukan lagi kemampuannya.

Selanjutnya ada Kahulu Jantan Danau Kompe Almafas RAPP dari Benai Kecil Kecamatan Benai. Jalur ini sedang naik daun berkat penampilan yang gemilang pada tahun ini.

"Kami sangat berterimakasih kepada PT RAPP yang telah membina jalur Kahulu Jantan Danau Kompe. Begitu juga dengan masyarakat Benai Kecil, baik yang ada di kampung maupun perantauan dan juga Ketua DPRD Kuansing," ujar Beni Miprasadi kepada GoRiau.com, Kamis (24/8/2017).

Masyarakat Benai khususnya Benai Kecil, lanjut Beni, mengharapkan partisipasi perusahaan dalam membina jalur. Sehingga, budaya yang sudah berumur ratusan tahun ini bisa dipertahankan.

Terakhir, jalur yang disponsori oleh PT RAPP adalah Raja Laut TAG RAPP dari Sungai Sorik Kecamatan Kuantan Hilir Seberang. Empat jalur tersebut siap menegakkan bendera PT RAPP di Tepian Narosa Telukkuantan tahun 2017.

Sementara itu, Direktur RAPP Rudi Fajar menyatakan bantuan dan partisipasi merupakan bentuk kepedulian PT RAPP terhadap kearifan lokal.

"Kami merasa memiliki pacu jalur dan kami bertanggungjawab untuk melestarikan dan menjaganya," ujar Rudi Fajar yang hadir saat pembukaan pacu jalur, Rabu (23/8/2017) lalu.

Dikatakan Rudi Fajar, perusahaannya tak tak hanya melestarikan budaya pacu jalur tapi juga ikut menanam, menjaga dan membesarkan kayu jalur sebagai bahan baku jalur.

"Intinya, di kawasan HTI RAPP ada kayu jalur dan jika ada masyarakat yang mengambilnya, maka kami juga akan membantu, mulai dari menebang sampai mengantar kayu ke desa," tegas Rudi Fajar.***