RENGAT, GORIAU.COM - Meskipun waktunya masih terlalu dini dibicarakan, beberapa aktifis masyarakat di Indragiri Hulu mulai berbicara tentang figur Bupati Inhu tahun 2015 mendatang. Salah satu figur yang sebut-sebut pantas memimpin Inhu ke depan adalah mantan Ketua DPRD Inhu, Haji Marpoli.

Politisi Golkar ini dikabarkan didukung banyak pihak untuk maju menjadi calon Bupati Inhu tahun 2015. Dukungan terhadap Marpoli disampaikan beberapa aktivis LSM di DPRD Inhu, Selasa (29/2/2013).

"Haji Marpoli Kita dukung agar maju pada bursa Pemilihan Bupati Inhu tahun 2015 nanti. Hal ini sudah kita buat kesepakatan dengan beberapa aktivis dan organisasi mayarakat lainnya," ujar Ketua LSM PKKN Berlin Manurung.

Menurutnya, melihat situasi politik di Inhu saat ini, pihaknya mengaku rindu dengan tokoh politik seperti Haji Marpoli. Sebab itu, mereka menggalang dukungan masyarakat untuk kembali mensosialisasikan nama Haji Marpoli yang sudah sempat hilang dari dunia perpolitikan di Inhu.

Pernyataan Berlin itu juga mendapat respon dari anggota DPRD Inhu, Arifudin A Khalik. Manurutnya, dia sangat mendukung jika Haji Marpoli kembali muncul dalam kancah politik. Namun, masalah dukungan menjadi Bupati Inhu, meski secara pribadi mendukung juga ada beberapa aturan dan persyaratan yang harus ditempuh Haji Marpoli sesuai dengan aturan perundang undangan bagi seorang calon Bupati Inhu.

"Saya sangat mendukung, tapi harus sesuai dengan aturan. Kita sama sama rindu dengan sosok politisi Inhu itu," ujar Arifudin.

Mendengar adanya dukungan dari masyarakat untuk ikut maju menjadi nomor satu di Inhu, Haji Marpoli saat dihubungi via selulernya mengaku terkejut. "Saya pikir pikir dulu untuk mencalonkan diri jadi Bupati. Tentunya saya harus melihat situasi dan kondisi politik di Inhu saat ini, namun saya mengucapkan terimaksih kepada masyarakat yang mendukung saya untuk maju dalam pilkada nanti," ucapnya.

Dia juga menyebutkan, saat ini dirinya sedang istirahat dan lebih banyak meningkatkan ibadah serta memperbaiki diri. Namun dia tak menampik kalau selalu ikut serta dalam kegiatan partai Golkar di Inhu. (nti/ro)