PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menunggu arahan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Hal ini disampaikan Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang, Senin (1/3/2021).

Ia menjelaskan, hingga saat ini Pemko masih berkoordinasi dengan Pemprov. Pemko juga masih melakukan kajian terhadap regulasi yang diperlukan untuk penerapan kebijakan tersebut.

"Kita masih koordinasi dan menunggu keputusan dari Pemprov. Karena kebijakan ini nantinya diputuskan oleh provinsi," jelasnya.

Sementara itu, ia menjelaskan bahwa kasus penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru kini cenderung membaik. Berdasarkan pemetaan penyebaran Covid-19, dari 15 kecamatan, 12 diantaranya sudah berada di zona kuning dengan kategori penularan rendah.

Namun, untuk tetap mengendalikan kedisiplinan masyarakat dalam upaya pencegahan, pihaknya masih melakukan razia protokol kesehatan secara berkala. Razia tersebut diadakan berdasarkan Perwako Nomor 130 tentang PHB yang menerapkan sanksi bagi pelanggar, seperti denda, kerja sosial, serta teguran.

"Sejauh ini kita belum menerapkan lagi pembatasan kegiatan masyarakat. Untuk pendisiplinan masyarakat kita tetap lakukan razia prokes secara hunting," pungkasnya. ***