PEKANBARU - Meskipun sudah banyak masukan agar Pemerintah Provinsi Riau menutup rute penerbangan domestik dari dan ke Riau, namun hingga sekarang rute domestik tetap akan dibuka. Pertimbangannya, masih banyak warga Riau dan provinsi lain yang membutuhkan jalur transportasi tersebut.

''Kita belum ada rencana menutup penerbangan domestik melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II,'' kata Syamsuar kepada GoRiau.com, Sabtu (28/3/2020).

Dikatakannya, meskipun sudah banyak masukan, namun ada pertimbangan kebutuhan lain terutama masalah ekonomi. ''Kita tak mau penutupan bandara di Riau, seperti di Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru) dan Bandara Pinang Kampai (Dumai) mengganggu perekonomian masyarakat dan menganggu aktifitas lainnya,'' ungkap Syamsuar.

Syamsuar juga menegaskan, di Bandara Sultan Syarif Kasim II sudah ada protokol pemeriksaan kesehatan. Baik yang datang, maupun yang akan berangkat dari Pekanbaru dan Dumai.

''Protokol kesehatan tetap kita jalankan di bandara. Hal ini terbukti ampuh mengatasi dampak penyebaran virus Corona di Riau," ujar Syamsuar.

Selain untuk transportasi perpindahan orang, sambung Syamsuar, pengiriman sampel pasien suspect Covid-19 juga melalui penerbangan ke Jakarta. Jadi, kemungkinan menutup penerbangan dari Jakarta ke Pekanbaru sangat kecil.

"Masyarakat kita minta untuk tidak panik. Tapi bagaimana mengantisipasinya dengan melakukan karantina diri sendiri di rumah. Tidak berkumpul dan melakukan pola hidup bersih dan sehat. Serta mencuci tangan dengan sabun, sebagai antisipasi," tutup Syamsuar. ***