SIAK SRI INDRAPURA - Sebanyak 20 Tim dari Negeri Jiran dan Dalam Negeri akan berlaga dalam Festival Gasing Internasional II tahun 2019 di Taman Syarifah Aminah Syarifah Aminah, Kampung Dalam, Siak Sri Indrapura, Riau. Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi dijadwalkan akan membuka iven besar, Jumat (12/7/2019) malam nanti.

Perlombaan gasing itu dibagi menjadi dua kategori pertama perlombaan gasing Piring dan Gasing Berembang. Gasing Berembang ini juga dibagi dalam 2 kategori, untuk Berembang anak-anak dengan berat 6 ons dengan tinggi minimal gasing 5 cm. Untuk Berembang dewasa, berat maksimal 8 ons, tinggi minimal 8 cm.

"InsyaAllah nanti malam bapak Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi akan datang membuka acara permainan tradisional masyarakat Melayu. Dan sudah 80 persen peserta tiba di Siak," kata Kata Kadis Pariwisata Kabupaten Siak, Jumat (12/7/2019).

Gasing Berembang ini adalah gasing yang berbentuk menyerupai bentuk buah berembang dengan bagian kepala, leher, bahu, labu, patak, temin dan paksi. Bahan utama gasing ini dibuat dari kayu keras. Sedangkan Gasing Piring ini bentuknya menyerupai piring dengan bagian-bagian seperti gasing Berembang.

"Satu regu jumlah pemainnya itu ada 5 ditambah 1 cadangan. Setiap pemain hanya dibenarkan bermain dalam regunya dan pemain cadangan ini hanya dapat bermain jika sewaktu melinyak penahan mengalami cebus," kata Fauzi menjelaskan.(advertorial)