SELATPANJANG - Mahasiswa kuliah kerja nyata(kukerta) Universitas Riau Selatpanjang Kota 2019 menggelar kegiatan sosialisasi kesehatan dengan tema bagaimana pentingnya imunisasi bagi bayi, balita, dan anak usia sekolah demi terciptanya penerus bangsa yang sehat dan berkualitas.

Adapun tujuan yang terkandung dalam kegiatan sosialisasi kesehatan untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya vaksinasi kepada bayi, balita dan anak usia sekolah. Mahasiswa Universitas Riau yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Selatpanjang Kota, Kepulauan Meranti, melakukan kegiatan sosialisasi kesehatan, pada Jumat (26/7/19) pukul 14.00 WIB, bertempat di Aula Kantor Desa Sesap.

Imunisasi dasar merupakan program wajib yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia. Tujuan dari sosialisasi ini adalah dimana untuk mengajak para orangtua agar selalu aktif untuk membawa anaknya ke posyandu maupun fasilitas pelayanan kesehatan. Dari sosialisasi ini diharapkan agar semua orangtua dapat mengetahui jenis imunisasi apa saja yang wajib diberikan pada anak dan harus diberikan sesuai waktu yang telah ditetapkan.

"Cara ini merupakan suatu tindakan promotif dan preventif agar anak Indonesia dapat terhindar dari penyakit berbahaya baik yang sudah ada obatnya ataupun yang belum ditemukan obatnya. Tujuan lainnya dari angka kesakitan, kecacatan dan kematian anak menurun," ujar Dyah Ellys Ashari, narasumber yang merupakan mahasiswi kedokteran UNRI.

Sosialisasi kesehatan ini dilaksanakan karena masih kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat setempat akan pentingnya imunisasi bagi bayi, anak balita dan anak usia sekolah yang berguna untuk mencegah terjadinya penyakit menular yang dapat menyebabkan peningkatan angka kesakitan, kecacatan dan kematian. Kegiatan ini juga sangat didukung oleh pihak yang berwenang di desa Sesap seperti kepala desa dan sekretaris desa.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami di desa Sesap ini, mengingat desa Sesap terletak jauh dari pusat kota, sehingga masih kurangnya informasi mengenai kesehatan sejak dini untuk anak-anak, dengan kegiatan ini diharapakan masyarakat dapat lebih mudah untuk diajak mengikuti kegiatan imunisasi untuk anak-anak nantinya," ujar Sekretaris Desa Sesap, Alfiansyah.

Sosialisasi yang kami gunakan dengan teknis menyampaikan secara langsung kepada seluruh masyarakat, pertama materi mengenai imunisasi sebagai pokok utama dan penjelasan dengan mudah dimengerti oleh masyarakat dan adapun materi tambahan yaitu mengenai PHBS.

Antusias masyarakat sangat tinggi dimana dilihat dari ruang aula dipenuhi oleh masyarakat setempat. Mahasiswa kukerta Selatpanjang Kota Universitas Riau 2019 mengucapkan terimakasih atas antusias masyarakat dengan wadah yang disiapkan dapat menyampaikan informasi yang semoga berguna dan bermanfaat untuk masyarakat dan diharapkan dapat diterapkan. (rls)