KUALA LUMPUR - Dalam menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN ini, seluruh negara Asia Tenggara telah mempersiapkan berbagai hal, tidak terlepas dengan kalangan pemuda-pemudi. Dalam rangka hal tersebut sekaligus menambah wawasan dan jaringan, Mahasiswa dan Pemuda Riau di Malaysia menggelar kegiatan seminar.

Seminar dengan tema "Potensi Riau Dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN" ini diharapkan membuka wawasan dan pengetahuan bagi generasi muda khususnya yang berasal dari Riau. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (19/12/2015) lalu di Aula Hasanudin Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur.

Ketua Perhimpunan Pemuda Riau (PPR) Malaysia, Arif Murti Rozamuri, BBA, MSC didampingi Sekretaris Basyrun Halim, B.It dan Suci Nuranita mengatakan, Riau merupakan salah satu provinsi penyumbang mahasiswa dan pemuda terbesar untuk belajar di Malaysia.

Menurut Arif, kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerjasama dan dukungan dari KBRI di Kuala Lumpur, Pemprov Riau, Perhimpunan Pemuda Riau (PPR) Malaysia dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia.

Adapun narasumber yang dihadirkan antara lain Staf Ahli Gubernur Riau Drs. H. Arlizman Agus, MM yang juga Penjabat Walikota Dumai. Kemudian Rektor Universitas Muhammadiyah Riau Dr Mubarak MSi dan dosen Institut Alam Sekitar & Pembangunan University Kebangsaan Malaysia, Dr Rahmah Elfithri, MSc yang merupakan orang asli dari Riau. Seminar dipandu moderator Stevadi Zaki Halim, B.Sc.

"Kegiatan ini dihadiri teman-teman mahasiswa dan pemuda Riau dan juga mahasiswa Indonesia di Malaysia," sampai Arif Murti.

Dalam kegiatan yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut, juga diisi dengan penampilan kesenian Riau, salah satunya tari persembahan. Kegiatan dibuka Minister Counsellor Pensosbud KBRI Trigustono Supriyanto mewakili Duta Besar Indonesia di Malasyaia dan dihadiri Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur Prof. Dr. Ir Ari Purbayanto. (rls)