BAGANSIAPIAPI - Sebagai bentuk kepedulian kepada warga yang mengalami musibah kebakaran, Pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAM) Kawasan, Selasa  30 Juni 2020 kemarin menyerahkan secara langsung bantuan untuk korban kebakaran di Kelurahan Balai Jaya Kota, Kecamatan Balai Jaya, Kabupaten Rokan Hilir, berupa uang tunai Rp13.300.000.

Bantuan peduli ini diserahkan langsung oleh Ketua Majelis Kerapatan Adat Datuk H Syamsudin Ahmad, didampingi Ketua Umum Dewan Pengurus Harian Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan Datuk H Syafrizal, Sekretaris Umum DPH Datuk Saufi Spd, dan Jajaran pengurus Rusman SAg, As'ari Toha yang disaksikan oleh perwakilan dari Kantor Camat Balai Jaya Kasi Kessos Tuan H Ilham, SPd.

Dalam sambutan singkatnya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan Datuk H Syafrizal mengatakan, bantuan yang disalurkan oleh Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan ini bersumber dari sumbangan Keluarga besar Melayu yang terhimpun di dalam Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan baik yang berdomisili di Kecamatan Bagan Sinembah, Kecamatan Balai Jaya, Kecamatan Bagan Sinembah Raya serta warga Melayu yang tinggal di beberapa daerah dan dari semua unsur kalangan baik kalangan muda, kalangan tua, tokoh Melayu, ulama dan cendikiawan.

''Bahkan, ada sumbangan dari warga Melayu yang bertempat tinggal di Jakarta, Pekanbaru, Bengkalis, Dumai, Duri, Kubu Medan Bahkan ada juga saudara kita yang tinggal di negara India juga turut ikut bagian dalam kegiatan amal ini,'' kata H Syafrizal.

Lebih lanjut Datuk H Syafrizal mengatakan, bantuan yang diserahkan ini adalah bentuk kepedulian pengurus LAM Riau Kawasan kepada warga Melayu yang mengalami musibah, baik yang tinggal di Kecamatan Bagan Sinembah, Kecamatan Balai Jaya, Kecamatan Bagansinembah Raya, maupun yang ada di kecamatan-kecamatan lainnya.

Menurut Datuk H Syafrizal, pengurus Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan akan berusaha selalu hadir di tengah masyarakat sebagai pemilik negeri.

Lebih lanjut Datuk H Syafrizal mengatakan bantuan yang disalurkan ini menjadi bukti bahwa pengurus LAM Riau Kawasan tidak pernah melupakan keluarganya.

''Ini menunjukkan bahwa LAM Riau Kawasan tetap eksis serta tetap berusaha melakukan yang terbaik untuk warganya,'' papar H Syafrizal.

Selain itu, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Camat Bagansinembah Raya HM Yusuf MSI, Camat Balai Jaya Syamsuhir SPd dan Camat Bagan Sinembah yang juga telah memberikan dukungan sepenuhnya dalam kegiatan amal ini.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris MKA Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan Datuk Said Khairuddin Phd mengucapkan terima kasih kepada tuan dan puan, seluruh pengurus dan warga Melayu yang telah memberikan bantuan untuk korban kebakaran ini.

''Atas nama keluarga besar masyarakat Melayu yang ada di 3 kecamatan, kita sangat berterima kasih kepada saudara-saudara kita, meskipun tempat tinggal mereka jauh namun karena semangat kebersamaan bantuan tersebut tetap didonasikan," ujarnya.

Lebih lanjut Datuk Said Khairuddin berharap bantuan yang diberikan kepada keluarga korban ini dapat kiranya dipergunakan dengan sebaik-baik mungkin.

"Harapan kita semua agar keluarga korban tidak berlarut-larut dalam kesedihan serta dapat menjalankan aktivitas kehidupan seperti biasanya," pesanya.

Datuk Khairudin juga menegaskan bahwa Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan adalah lembaga yang beranggotakan seluruh elemen masyarakat tidak membatasi dari suku mana saja baik Dia berasal dari suku Batak suku Jawa Madura dan Suku suku lain nya bisa menjadi anggota di lembaga adat Melayu Riau Kawasan ini.

"Tentu dengan syarat dan ketentuan yang ada di lembaga Adat Melayu Riau Kawasan," katanya.

"Sekali lagi pada kesempatan ini saya menghimbau agar semua warga khususnya di 3 Kecamatan ini bisa bergabung di Lembaga Adat Melayu Riau yang merupakan wadah tempat berhimpunnya kita semua," katanya.

"Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan Sebagai Tuan Negeri maka dari itu kami selalu mengayomi warga masyarakat yang ada tinggal di wilayah kami dan begitu juga kepada Lembaga adat Melayu Riau yang ada di kabupaten, kecamatan-kecamatan lainnya, mari saling bahu-membahu dukung mendukung agar kita sebagai tuan negeri pemilik kampung bisa melindungi masyarakat yang ada tinggal di negeri kita ini," pungkasnya. (rls)