PEKANBARU - 24 titik panas (Hotspot) terdeteksi muncul di Provinsi Riau, Jumat (1/9/2017) pagi, atau tepatnya saat Hari Raya Idul Adha. Menurut citra satelit, hotspot tersebut tersebar di enam kabupaten di negeri Lancang kuning.

Menurut data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pekanbaru pagi tadi, 24 titik panas tersebut berlevel confidence (Tingkat kepercayaan, red) 50 persen, yang menyebar di enam kabupaten.

Enam kabupaten ini antara lain di Bengkalis dan Inhil masing-masing satu titik panas. Di Kuansing dan Inhu masing-masing lima titik panas, serta paling banyak terdapat di Pelalawan, yakni 10 titik panas.

Dari 24 hotspot tersebut, lima titik diantaranya berlevel confidence di atas 70 persen atau berpeluang merupakan titik api, berada di Kecamatan Seberida Kabupaten Inhu, Kuantan Mudik dan Singingi Kabupaten Kuansing serta Kecamatan Bunut, Pelalawan.

Selain di Riau, titik panas lainnya juga terpantau muncul disejumlah daerah di Pulau Sumatera, seperti Lampung satu hotspot, Sumbar tiga hotspot, Aceh dan Bengkulu masing-masing empat hotspot, Jambi sembilan hotspot dan Sumsel 22 hotspot.

Prakiraan Cuaca di Riau Hari Ini

Menurut BMKG Kota Pekanbaru, prakiraan cuaca di Provinsi Riau pada pagi harinya cerah-berawan, begitu juga saat siang hari nanti. Sedangkan pada malam harinya juga cerah-berawan, dengan sebagian daerah berpotensi diguyur hujan.

Potensi hujan ini berintensitas ringan, disebagian daerah Kabupaten Rohul, Rohil, Kota Dumai, Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar serta Kabupaten Kuansing. Sedangkan pada dinihari, prakiraan cuaca juga berpotensi hujan ringan, disebagian Rohul, Rohil, Dumai, Bengkalis, Siak, Pekanbaru, Kampar serta Kuansing. (Sumber BMKG, red). ***