DURI - Marching Band Bahana Cendana Kartika Duri (MB BCK Duri) berdiri pada 25 September 1999 di Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, kini sudah berada di Jakarta untuk mengikuti kompetisi Winter Guard Internasional (WGI) pada 19 November dan 20 November 2017.

MB BCK Duri yang sudah memiliki segudang prestasi ini mengharapkan doa dan restu masyarakat Indonesia khususnya Riau. Sebagai wakil Indonesia berkompetisi melawan Marching Band Malaysia, Filiphina dan Thailand, BCK Duri juga punya target untuk meraih juara.

Dikatakan Albohari, Wakil Kesiswaan SMA Cendana Duri, kepada GoRiau.com mengatakan, BCK Duri memiliki arti pada setiap katanya ini akan membawa kemenangan. Bahana diartikan sebagai suara, Cendana merupakan nama yayasan pendidikan tempat para anggota BCK sekolah, Kartika adalah bintang yang menandakan bahwa setiap anggota BCK merupakan bintang-bintang di sekolah, dan Duri adalah nama tempat berdirinya MB BCK Duri.

"InsyaAllah, BCK Duri meraih juara pertama. Kami bangga dengan wadah ini yang membina anggotanya menjadi pribadi – pribadi yang positif, tangguh, disiplin, berkualitas, dan mampu berorganisasi serta bekerja sama, yang pada gilirannya dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kasus–kasus narkoba, perkelahian antar pelajar dan segala bentuk negatif lainnya," ujar Albohari, Jumat (17/11/2017).

Dijelaskan Albohari juga, MB BCK ini juga untuk menyalurkan bakat dan keterampilan dalam dunia seni musik, tari, dan koreografi. Salah satu jenis kegiatan ekstrakurikuler sekolah yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Cendana yang memiliki jadwal latihan tiga kali seminggu, yaitu Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Di awal kemunculannya, MB BCK Duri mengikuti kejuaraan Bandung Open Marching Band (BOMB) yang diadakan pada 30-31 September 1999 dan meraih peringkat Runner-Up Divisi Sekolah.

Kemudian, pada tahun 2001, MB BCK Duri untuk pertama kalinya mengikuti Grand Prix Marching Band (GPMB) di Jakarta dan meraih peringkat Runner-Up Divisi Sekolah.

Tahun selanjutnya, yaitu tahun 2002, MB BCK Duri kembali mengikuti GPMB dan berhasil mempertahankan prestasinya meraih Runner-Up Divisi Sekolah.

Di tahun 2003, MB BCK Duri sempat absen mengikuti GPMB, tetapi kembali mengikuti GPMB di tahun selanjutnya, 2004, dan meraih Peringkat Tiga Divisi Sekolah.

Pada tahun 2005, MB BCK Duri kembali mengikuti GPMB dan berhasil meraih Peringkat Satu Divisi Sekolah, sekaligus peringkat dua secara umum. Tahun 2006, MB BCK Duri mengikuti GPMB dan kembali meraih peringkat satu divisi sekolah.

Pada tahun 2007, kembali mengikuti GPMB dan meraih peringkat satu divisi sekolah untuk yang ketiga kalinya sehingga piala presiden juara divisi sekolah bisa tetap tinggal di Duri untuk seterusnya.

Tahun 2008, MB BCK Duri absen mengikuti GPMB untuk mengikuti kejuaraan internasional di Malaysia yaitu Kuala Lumpur World Marching Band dan berhasil meraih predikat emas. Selain predikat emas, juga meraih peringkat 2 lomba parade dan peringkat tiga Drum Battle.

Lalu pada tahun 2009, kembali mengikuti kejuaraan GPMB dan sekali lagi meraih peringkat 1 divisi sekolah. Selain mengikuti kejuaraan nasional dan internasional, MB BCK Duri telah menggelar sejumlah pertunjukan, diantaranya adalah penampilan dalam acara MTQ Provinsi Riau di Dumai pada 2005, Petro Cup di Jakarta pada 2006, dan HUT RI di Kantor Gubernur Riau pada Agustus 2008.

MB BCK Duri juga sering berpartisipasi dalam acara-acara yang dilaksanakan di lingkungan sekolah, perusahaan, serta Provinsi. ***