PEKANBARU - Laporan keuangan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sampai saat ini masih dalam progres. Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKAD) Kota Pekanbaru, mencatat penyelesaiannya sudah mencapai 80 persen.

Kepala BPKAD Kota Pekanbaru Syoffaizal menjelaskan, jika dirincikan, dari 45 OPD yang ada, sekitar 31 OPD sudah menyelesaikan laporannya hingga 100 persen. Kemudian, terdapat 12 OPD masih diatas 50 persen dan 2 diantaranya masih berada di bawah 2 persen.

"Kalau ditotal semuanya, progres kita sudah 80 persen. Itu pertanggal 16 Februari," ujarnya, Rabu (17/2/2021).

Menurutnya, target penyelesaian laporan keuangan memang sudah lewat, yang jatuh pada 1 Februari lalu. Ia pun berharap agar laporan ini bisa segera diselesaikan dalam minggu ini.

"Mudah-mudahan, kita targetkan minggu ini selesai. Karena pak sekda sudah intens menelpon OPD-OPD untuk menggesa. Sebenarnya pak sekda sudah ngasih clue silahkan saja datang ke BPKAD. Imbauan pak sekda dua minggu yang lalu seperti itu. Mungkin ada yang bisa dikonsolidasi atau mungkin bisa dibantu, kami siap membantu," terangnya.

Kemudian, nantinya yang diantar ke BPK adalah LKPD atau laporan keuangan pemerintah daerah. Penyerahan LKPD ini ditargetkan paling lambat pada 5 Maret mendatang.

"LKPD itu terdiri dari laporan keuang OPD, jadi Perangkat Daerah ini membuat laporan keuangan, nanti kita kompilasi, kami susun, dan kemudian kami jurnal, itu barulah menjadi LKPD," pungkasnya. ***