SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengatakan, untuk merespon berbagai persoalan sosial yang kerap muncul di tengah-tengah masyarakat, seorang Penghulu (dulunya Kepala Desa, red) dituntut agar lebih peka terhadap perbagai permasalahan di wilayahnya. Sebagai wakil pemerintah daerah yang paling dekat rentang jaraknya dengan masyarakat, sudah seharusnya Penghulu menjadi orang pertama yang mengetahui kondisi masyarakat di kampung yang dipimpinnya.

"Untuk itu, seorang Penghulu haruslah peka terhadap persoalan sosial di wilayahnya. Saya berharap agar berbagai persoalan sosial yang terjadi dapat diselesaikan dengan bijaksana. Bertindaklah sebagai pemimpin berintegritas, profesional, dan tegas ketika menyelesaikan masalah," pesan Syamsuar, saat melantik 39 Penghulu se-Kabupaten Siak di Siak Sport Hall, Kamis (8/10/2015).

Jika ada masalah-masalah yang dialami masyarakat tidak bisa diselesaikan ditingkat desa, maka sebagai Penghulu bisa memfasilitasi penanganan masalah tersebut dengan melaporkan kepada camat dan seterusnya hingga ditingkat kabupaten untuk ditindaklanjuti secara berjenjang.

"Pelantikan Penghulu yang dilaksanakan ini merupakan saat bersejarah karena telah dimulainya suatu tatanan sosial politik yang baru ditingkat kampung-kampung. Karena itulah saya berharap saudara-saudara agar dapat bersikap dan berprilaku bijak. Sesuai ungkapan "Kalah tanpa Dendam, Menang tanpa Menjatuhkan," marilah kita rangkai kembali silaturahim antar sesama warga masyarakat yang mungkin secara tak langsung terbagi-bagi dalam kelompok-kelompok pada proses Pemilihan Penghulu Kampong yang lalu, sehingga pihak-pihak yang berseberangan dengan Saudara tidak merasa tersisihkan," ajak Syamsuar.

"Begitu juga dalam hal memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, mari layani masyarakat dengan seadil-adilnya tanpa membeda-bedakan, sesuai dengan sumpah jabatan yang baru saja saudara ucapkan," jelasnya.

Syamsuar berharap, dengan suksesnya pesta demokrasi ditingkat kampung menjadi pengalaman berharga untuk mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Siak yang akan dilaksanakan 9 Desember 2015 mendatang.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Siak maupun pribadi, saya menyampaikan ucapan tahniah kepada 39 Penghulu yang telah dilantik dan diambil sumpahnya pada hari ini. Teriring doa semoga Allah SWT selalu memberikan bimbingan, petunjuk dan kekuatan iman dalam memimpin dan memajukan kampungnya selama satu periode ke depan," tutup Syamsuar.

Pada kesempatan tersebut para Penghulu yang dilantik  menandatangai Fakta Integritas anti narkoba, selain itu Bupati juga menambahkan agar penghulu tersebut menandatangani Fakta Integritas Anti KKN.

Turut hadir anggota DPRD Siak, unsur Forkompimda Kabupaten Siak, Ketua PKK Kabupaten Siak Hj Misnarni Syamsuar, pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, Camat se-Kabupaten Siak, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan ratusan undangan lainnya.(nal/rls)https://www.goriau.com/assets/imgbank/15102015/2jpg-3187.jpg39 Penghulu mengambil sumpah jabatan.https://www.goriau.com/assets/imgbank/15102015/3jpg-3186.jpgBupati Siak H Syamsuar membacakan sumpah jabatan 39 penghulu.https://www.goriau.com/assets/imgbank/15102015/4jpg-3185.jpgBupati Siak Drs H Syamsuar MSi memasangkan tanda jabatan.https://www.goriau.com/assets/imgbank/15102015/5jpg-3184.jpgBupati Siak Drs H Syamsuar memasangkan lencana.https://www.goriau.com/assets/imgbank/15102015/bupatisiak-3183.jpgBupati Siak Drs H Syamsuar beserta istri mengucapkan selamat kepada 39 penghulu yang dilantik.https://www.goriau.com/assets/imgbank/15102015/bupatisiak-3182.jpgBupati Siak Drs H Syamsuar melantik 39 penghulu.https://www.goriau.com/assets/imgbank/15102015/bupatisiak-3181.jpgBupati Siak Drs H Syamsuar memasangkan lencana kepada salah seorang penghulul yang dilantik.https://www.goriau.com/assets/imgbank/15102015/penandatan-3180.jpgPenandatangan berita acara pelantikan.https://www.goriau.com/assets/imgbank/15102015/sambutanbu-3179.jpgBupati Siak Drs H Syamsuar MSi memberikan amanat kepada 39 penghulu yang dilantik di Gedung Olahraga Siak.Narasi dan foto: Humas Pemkab Siak