BANGKOK - Langkah tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo harus terhenti di babak kualifikasi Turnamen Bulutangkis Thailand Open 2019 setelah dikalahkan Lucas Claerbout (Perancis), dengan skor 19-21, 21-16, 17-21. Chico tak tampil di permainan terbaiknya. Ia beberapa kali melakukan kesalahan-kesalahan sendiri dan memberi kesempatan untuk Claerbout menghujankan serangan.

Hal ini dipertegas sang pelatih, Irwansyah, yang mendampingi Chico bertanding di Huamark Indoor Stadium.

"Chico banyak ragu-ragu dan tempo permainannya mengikuti lawan. Chico juga mainnya nggak lepas. Lawan berani bermain menyerang dengan smash-nya," kata Irwansyah saat diwawancara Badmintonindonesia.org.

"Karena banyak ragu, akhirnya defense-nya Chico juga nggak bagus. Intinya di pertandingan tadi, Chico ketekan terus," ujar Irwansyah.

Di pertandingan kualifikasi pertama, Chico mengalahkan rekan sepelatnas, Ihsan Maulana Mustofa, dengan skor 16-21, 21-19, 21-16. Ihsan sebetulnya sudah sempat unggul 16-12 di game kedua, namun Chico mampu mencuri kesempatan saat Ihsan tak melancarkan serangan.

"Sebetulnya tadi cukup ramai pertandingannya. Ihsan bahkan sudah unggul tapi malah tersusul. Ihsan sudah main safe, tapi dia cenderung pasif, seharusnya lebih menyerang. Akhirnya Chico dapat lagi feeling mainnya dan balik menekan pertahanan Ihsan," jelas Irwansyah.

Di babak utama, Indonesia punya tiga wakil tunggal putra yaitu Tommy Sugiarto, Shesar Hiren Rhustavito dan Sony Dwi Kuncoro. Sony ke babak utama setelah di kualifikasi mengalahkan Sun Feixiang (Tiongkok), dengan skor 21-11, 22-20. ***