TELUKKUANTAN – Masyarakat Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mengapresiasi PT Sinar Utama Nabati (SUN) yang terus melaksanakan tanggung jawab sosialnya. Keberadaan perusahaan kelapa sawit ini sangat dirasakan oleh masyarakat, terutama dalam pemeliharaan infrastruktur publik.

Salah satunya adalah pemeliharaan ruas jalan Simpang Sambung - Desa Sungaibawang sepanjang 7 KM. Sejak berdiri tahun 2017, perusahaan rutin melakukan perawatan.

Begitu juga dengan tahun ini, pihak perusahaan kembali melakukan perawatan. PT SUN sudah melakukan perawatan sejak Sabtu (16/3/2024) lalu dan ditargetkan selesai dalam beberapa hari ke depan.

Saparman, Camat Singingi, mengatakan kegiatan pemeliharaan jalan poros ini merupakan program CSR dari PT SUN.

"Alhamdilullah, apa yang menjadi aspirasi masyarakat sudah dilaksanakan oleh perusahaan. Sebenarnya kami sudah meminta untuk perawatan jalan ini sejak November tahun lalu, cuma karena cuaca, baru bisa dilaksanakan sekarang," kata Saparman, Senin (18/3/2024) pagi.

Dikatakan Saparman, intensitas curah hujan sangat tinggi pada akhir 2023 sampai sekarang. Jika hujan, maka perawatan jalan tidak bisa maksimal dan jalan akan kembali rusak.

"Makanya kita tunggu cuaca cerah, sehingga kualitas bagus. Kalau hari hujan, pekerjaan akan sia-sia. Mudah-mudahan cuaca cerah dalam minggu ini," kata Saparman.

Dikatakan Saparman, masyarakat ekstran mengapresiasi kepedulian PT SUN terhadap lingkungan sekitar. Sebab, ruas jalan ini merupakan urat nadi perekonomian masyarakat, terutama Desa Sungaibawang, Sungaisirih, Airemas, Sumberdatar, Sungaikuning dan desa lainnya.

"Atas nama masyarakat, kita ucapkan terima kasih kepada PT SUN yang telah menjalankan tanggung jawab sosialnya. Mudah-mudahan jalan bagus jelang hari raya Idulfitri," kata Saparman yang menilai PT SUN terbuka terhadap masyarakat.

Sementara itu, Andika selaku KTU PT SUN menyatakan perawatan jalan poros ini merupakan komitmen perusahaan untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat.

"Keberadaan PT SUN ini bukan semata-mata untuk mencari keuntungan saja, tetapi juga untuk kemajuan dan kebutuhan masyarakat luas," kata Andika.

Andika menegaskan, PT SUN selalu membantu masyarakat, baik bantuan sosial hingga perawatan ruas jalan. Ini sebagai bukti adanya hubungan yang baik antara perusahaan dan masyarakat.

"Mengenai jalan, kita selalu melakukan pengecekan kerusakan dan kemudian kita perbaiki. Perbaikan jalan selalu dilakukan sebagai bentuk bantuan CSR perusahaan terhadap kebutuhan masyarakat di lingkungan perusahaan," kata Andika.

Andika mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Pemkab Kuansing, Kecamatan Singingi dan pemerintahan desa yang telah membantu proses perawatan jalan Simpang Sambung - Sungaibawang.***