PANGKALAN KERINCI - Kebakara hutan dan lahan (Karhutla) juga terjadi di wilayah Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan. Sedikitnya 3 hektare lahan di Tanjung Putus, Desa Kuala Terusan ludes terbakar.

Lahan milik kelompok tani Tanjung Mandiri tersebur terbakar sejak, Minggu (24/2/2019) kemarin.

Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Pelalawan, Abu Bakar melalui Kasi Operasional Pemadam Kebakaran, Zukriwan, Rabu (27/2/2019) mengatakan, upaya pemadaman oleh petugas Damkar dilakukan hingga Selasa malam.

"Sejak hari Minggu hingga malam tadi, kita masih melakukan upaya pemadaman di lokasi terjadinya kebakaran," ungkapnya.

Puluhan personil pemadam kebakaran diturunkan ke lokasi untuk memadamkan api. Berbagai jenis peralatan milik Damkar Pelalawan diturunkan ke lokasi kebakaran.

"Peralatan damkar yang dibawa ke lokasi berupa mesin ministriker dan selang," sebutnya, kepada GoRiau.

Namun kata Zukriwan, kendala yang dihadapi petuhas di lapangan yaitu akses jalan masuk menuju titik api yang hanya bisa dilalui menggunakan sepeda motor untuk membawa peralatan pemadam. "Sedikit nya 3 hektar lahan yang terbakar dan saat ini sedang dalam proses pendinginan," jelasnya.

Tidak tertutup kemungkinan api bisa kembali berkobar. Untuk itu, tim pemadam akan terus melakukan pemantauan di lokasi tetsebut.

"Penyebab kebakaran belum diketahui. Alhamdulillah api sudah bisa dijinakkan dan dalam proses pendinginan," pungkas Zukriwan.*