SIAK - Masyarakat Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Riau yang ditetapkan sebagai ODP (orang dalam pengawasan) terkait virus Corona, mayoritas berasal dari keluarga tidak mampu. Mereka yang menjalankan isolasi mandiri ini mendapatkan bantuan sembako dari Pemkab Siak.

Bantuan itu diserahkan oleh Bupati Siak Alfedri secara simbolis di Kantor Camat Siak, Jumat petang (27/03/20), dengan harapan dapat meringankan beban hidup para ODP tersebut.

"Mereka dapat melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Siak. Makanya kita bantu untuk kebutuhan hidupnya," kata Alfedri kepada GoRiau.com.

Bantuan sembako yang diserahkan Bupati Siak itu bersumber dari sumbangan sejumlah OPD yang kemudian disalurkan melalui Dinas Sosial. Hal itu merupakan salah satu bentuk langkah penanganan penyebaran pandemi Covid-19 dari Gugus Tugas Covid-19 yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Siak.

Bantuan sembako yang diberikan itu terdiri dari paket sembako 5 kg beras, 1 papan telur ayam, 1 liter minyak goreng, 1 kaleng sarden dan 5 bungkus mie instan.

"Dalam meringankan beban ODP yang berasal dari masyarakat tidak mampu, Dinas Sosial kabupaten Siak saat ini juga membuka kesempatan dan mengkoordinir bantuan sukarela dari masyarakat dan berbagai pihak lainnya, selain donasi yang telah terkumpul dari jajaran aparatur Pemkab Siak baik secara pribadi maupun kedinasan," kata Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Siak Rubiati. (adv)