KAMPAR - Kunjungan kerja (kunker) Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi di Kabupaten Kampar disambut berbagai tokoh adat di Balai Adat, Bangkinang Kota, Senin (8/4/2019). Dihadapan datuk-datuk dan ninik mamak, Syamsuar membahas tentang pariwisata halal hingga pembangunan infrastruktur.

Syamsuar dalam sambutannya, berterima kasih atas dukungan dan amanah yang sudah diberikan oleh masyarakat Kabupaten Kampar kepada dirinya. Pada sektor pertanian yang akan dikembangkan, perlu adanya dukungan infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Kampar.

"Dalam pembangunan dan pelayanan dasar kesehatan. Oleh karena itu, tentunya butuh dukungan dana dari pemerintah pusat dan APBN. Apalagi ada pekerjaan besar yang akan kita laksanakan dimasa yang akan datang, terutama jalan-jalan yang perlu dibenahi, juga yang berhubungan dengan pertanian," kata Syamsuar.

Pasca Pemilu 2019, Syamsuar akan mengumpulkan Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas PU di kabupaten/kota untuk membicarakan ruas jalan yang menjadi prioritas masing-masing kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau.

Ads
"Pembangunan ekonomi syariah di Riau, terus kita galakkan. Dimana Bank Riau-Kepri akan dijadikan 100 persen syariah. Aset kita ini merupakan aset yang besar. Kalau sudah menjadi bank syariah, akan menjadi bank syariah lima besar terbesar di Indonesia. Apalagi aset Bank Riau-Kepri mencapai Rp27 triliun," ungkap Syamsuar kepada GoRiau.com.

Budaya Riau merupakan budaya Melayu, yang identik dengan Islam, sambung Syamsuar. Dimana besok, Selasa (9/4/2019), dirinya akan menandatangani pariwisata halal di Provinsi Riau dengan Menteri Pariwisata RI di Jakarta.

"Banyak dampak ekonomi dengan adanya pariwisata halal ini. Diiringi dengan berkembangnya industri ekonomi dan kreatifitas masyarakat. Yang sudah menerapkan wisata halal, yaitu Malaysia. Thailand saja, yang mayoritas bukan muslim, sudah mengembangkan wisata halal," jelas Syamsuar.

Syamsuar mengharapkan masyarakat Riau bersama-sama mendukung dan mendorong wisata halal ini. Apalagi, dengan berkembangnya wisata halal di Riau, bisa semakin banyak wisatawan datang ke Riau.

"Untuk wisata halal ini menjadi muslim yang bersahabat. Wisata ini bisa semakin besar dan berkembang, jika dikelola dengan baik, serius dan profesional," ucap Syamsuar.

Saat kunjungan kerja di Kabupaten Kampar, Syamsuar tidak sendiri, dirinya bersama juga Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo. Selain itu, Syamsuar juga mengajak masyarakat menjaga situasi dan kondisi Pemilu 2019 yang aman dan damai. ***