PANGKALAN KERINCI -Kabupaten Pelalawan mengusulkan satu desa yang memiliki daya tarik wisatanya untuk mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diselenggarakan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dengan ikutnya desa wisata tersebut, maka akan bisa lebih dikenal yang akhirnya mendongkrak kunjungan wisatawan.

"Setelah diteliti dari banyak desa di Kabupaten Kelalawan, sementara ini Desa Kuala Terusan yang diusulkan untuk mengikuti Anugerah Desa Wisata tahun ini," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pelalawan, Andi Yuliandri, kepada GoRiau.com.

Karena, lanjut dia, dari segi infrastruktur jalan sudah ada akses yang bagus menuju Desa Kuala Terusan. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan Desa Kuala Terusan diusulkan mengikuti Anugerah Desa Wisata 2021.

"Kalau desa-desa lain dari sisi infrastruktur jalan belum mendukung, namun bukan berarti desa lain nantinya tidak kita tunjuk. Saat ini yang kita ajukan Desa Kuala Terusan," terang Andi.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pelalawan telah menyampaikan ke Bupati Pelalawan terkait persiapan-persiapan yang akan dilakukan.

"Ini sudah kita sampaikan ke Pak Bupati, apa saja yang menjadi kategori penilaian kita bangun, namun bukan berati harus fisik. Masyarakat terutamanya agar punya minat terhadap pariwisata, karena kunci dari desa wisata adalah masyarakatnya," papar Andi.

Menurutnya, tanpa dukungan masyarakatnya desa wisata tak akan tecapai. Desa Kuala Terusan mempunyai banyak potensi wisata yang layak dijual dan dikembangkan. Diantaranya wisata alam dan

"Kalau di Kuala Terusan itu Sungai Kampar, kemudian ada pantai-pantainya, yag bisa dikembangkan menjadi objek wisata. Kemudian sumberdayanya seperti ikan dan udang juga kegiatan masyarakat disitu yang bisa dijadikan objek mancing dan menjala. Kuala Terusan itu kampung tua yang bisa dijadikan objek wisata," tandas Andi Yuliandri, Jumat (18/6/2021).***