BENGKALIS -Kopi adalah minuman hasil seduhan biji yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk.

Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu kopi Robusta dan kopi Arabika.

Untuk lebih mengenalkan macam macam kopi dan cara penyajian kopi secara profesional, Kopikap Bengkalis yang baru launching pada Desember 2019 mengadakan Class Beginners Workhshop Coffee Experience (Pelatihan Kopi bagi Kelas Pemula dan yang sudah perpengalaman) di Qahwa Cafe Bengkalis, Rabu malam (26/2/2020).

Pemilik Kopikap, Anton dan Suprayogi menyebutkan tujuan dilaksanakan pelatihan kopi ini untuk memberikan edukasi dan pemaham serta memberikan sertifikat sebagai pengakuan para peserta yang mengikuti pelatihan ini.

"Kita menggelar kegiatan ini dengan tujuan agar kopi dapat lebih dikenal dengan berbagai macam jenis dan metode penyajiannya, dimana saat ini di luar sana atau di kota besar telah banyak bermunculan coffeeshop," ungkap Anton.

Sementara itu peserta yang ikut ambil bagian dalam pelatihan ini berasal dari Bengkalis dan luar Bengklais.

''Alhamdulillah peserta pelatihan yang perdana kita laksanakan ini diikuti sebanyak 20 orang dari Bengkalis dan luar Bengklais," tambah Suprayogi.

Adapun materi kegiatan yang diinisiasi Kopikap Bengkalis ini dibagi menjadi 4 materi yakni Coffee Journey, Brewing Method Introduction, Coffee Cupping dan Coffee Bev Tasting yang menghadirkan pemateri profesional yang bersertifikat dari Pekanbaru Abdurrahman Fahrumi yang merupakan Founder of Erber Coffe & Umar Roastery.

Setelah kegiatan pelatihan ini sukses digelar, ke depan pihaknya akan membuat wadah forum kopi di Bengkalis agar masyarakat lebih mengenal mana kopi hitam dan mana kopi yang sehat.***