TELUKKUANTAN – Iven pacu jalur ajang uji coba di Tepian Rajo, Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau yang berlangsung pada 21-23 Juli 2022 sukses digelar. Kesuksesan ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, terutama Koperasi Perkebunan Soko Jati yang menjadi sponsor.

Pada iven ini, Koperasi Soko Jati mendukung penuh pacu jalur ajang uji coba di Tepian Rajo. Dalam hal ini, koperasi yang menjadi kebanggaan masyarakat Pangean menyediakan hadiah untuk juara II, berupa uang tunai senilai Rp6,5 juta.

"Kami sangat mendukung kegiatan-kegiatan positif di Kecamatan Pangean, seperti pacu jalur ajang uji coba ini. Kesuksesan iven ini merupakan tanggung jawab bersama. Karena itu, kami turut berpartisipasi," ujar Syarkawi, Ketua Koperasi Perkebunan Soko Jati, Sabtu (23/7/2022) malam, usai menyerahkan hadiah ke jalur Panah Ombak Sutan Mudo Indragiri.

Dikatakan Syarkawi, berdirinya Koperasi Soko Jati merupakan cita-cita luhur masyarakat Pangean untuk meningkatkan perekonomian. Sejalan dengan itu, keberadaannya juga telah dirasakan dalam berbagai sendi kehidupan masyarakat. Seperti, dalam mensukseskan pesta rakyat pacu jalur.

"Selain fokus untuk mensejahterakan anggota, koperasi juga punya tanggung jawab sosial untuk masyarakat Pangean. Semoga kehadiran Koperasi Soko Jati selalu bermanfaat bagi masyarakat Kuansing, khususnya masyarakat Kuansing," ujar Syarkawi.

Untuk hadiah Juara I disediakan oleh Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby. Hadiah diserahkan secara langsung oleh Ketua IKPA Pekanbaru yang juga Anggota DPRD Riau, Mardianto Manan bersama Camat Pangean, Mahviyen Trikon Putra.

GoRiau Anggota DPRD Riau, Mardianto M
Anggota DPRD Riau, Mardianto Manan bersama Camat Pangean, Mahviyen Trikon Putra dan pengurus Koperasi Soko Jati berfoto bersama Juara I. (foto: wirman susandi)
Camat Pangean Apresiasi Koperasi Soko Jati

Camat Pangean, Mahviyen Trikon Putra memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan iven pacu jalur ajang uji coba di Tepian Rajo. Terurama Koperasi Perkebunan Soko Jati yang mendukung penuh kegiatan ini.

"Alhamdulillah, pacu jalur ajang uji ini sukses terlaksana. Kesuksesan ini berkat dukungan dari semua pihak, terutama Koperasi Soko Jati dan lain-lain. Kepada semua donatur, kami ucapkan terima kasih," ujar Mahviyen.

Dikatakan Mahviyen, keberadaan Koperasi Soko Jati sangat dirasakan oleh masyarakat Pangean. Karena itu, koperasi ini selalu menjadi kebanggaan masyarakat Kuansing, khususnya masyarakat Pangean.

"Keberadaan koperasi ini tidak hanya dirasakan oleh anggota, tapi oleh seluruh masyarakat Pangean. Itu tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan koperasi selama ini," ujar Mahviyen.

Koperasi Soko Jati diharapkan terus memberikan manfaat untuk masyarakat Kuansing, khususnya masyarakat Pangean.

Dikatakan Mahviyen, pacu jalur ajang uji coba merupakan momentun bagi jalur-jalur untuk melihat kemampuan jalurnya. Dari sini, bisa menjadi bahan evaluasi agar ada perbaikan ke depan.

"Dari ajang uji coba ini, ada evaluasi untuk perbaikan ke depan. Sehingga, pada ajang-ajang selanjutnya, bisa menjadi yang terbaik," ujar Mahviyen.

Iven pacu jalur ajang uji coba di Tepian Rajo diikuti 87 jalur. Jalur yang berpacu tidak hanya dari Kuansing, tapi juga dari Indragiri Hulu.

Adapun jalur yang meraih juara I yakni Untuang Sakato Tuah Negeri dari Desa Tanjungmedan, Kecamatan Cerenti. Juara II Panah Ombak Sutan Mudo Indragiri dari Inhu, juara III Singa Ngarai dari Pulaukalimanting, Kecamatan Benai.

Juara IV Lancang Kuning Rantau Kuantan, Juara V Rajo Bujang, Juara VI Siposan Rimbo Ketua DPRD Kuansing, Juara VII Tuah Keramat Sialang Soko Bhayangkara Polsek Peranap, Juara VIII Rajo Tunggal, Juara IX Sultan Sakti Bakung Batuah Klinik Utama Malikha, Juara X Kilek Alam Cahayo Nagori.

Kemudian, peringkat XI adalah jalur Pulau Laghe Mandulang Untuang dan peringkat XII Linggar Jati JA Pemdes Pulau Kumpai.***