TELUKKUANTAN - Komperensi menerima rekomendasi dari DPP PAN untuk Pilkada Kuansing 2020 mendatang. Surat rekomendasi itu diserahkan Ketua DPW PAN Riau Irwan Nasir pada Ahad (29/12/2019).

Berkenaan hal itu, Wakil Sekretaris DPP PAN Irvan Herman menegaskan bahwa rekomendasi yang diterima kader merupakan bentuk apresiasi atas pencapaian suara PAN pada Pileg 2019.

"Rekomendasi itu sebagai apresiasi karena mampu menaikkan suara partai pada Pileg diberikan kepada kader dan Ketua DPD, diberikan supaya bisa maju pada Pilkada 2020 mendatang," ujar Irvan yang dihubungi GoRiau.com, Senin (30/12/2019).

Dikatakan Irvan, seluruh kader di Indonesia yang akan mengikuti Pilkada mendapat rekomendasi tersebut. Bahkan, di satu daerah tidak hanya satu orang yang mendapat rekomendasi. "Pelalawan itu dua kader yang terima rekomendasi."

"(Rekomendasi) itu belum final. Dalam surat tersebut ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh kader, terutama pasangannya," tambah Irvan.

Pasangan yang dimaksud Irvan harus memenuhi beberapa kriteria, yakni membawa SK dari DPP partainya dan memiliki kursi yang cukup.

"Prosesnya masih banyak, mulai dari penjaringan, kemudian dilihat hasil survei nasional pasangan yang mendaftar. Survei ini nantinya kita gabungkan dengan eksternal, baru diputuskan siapa yang akan diusung. Jadi, SK-nya nanti bisa berubah dari rekomendasi tersebut," papar Irvan.

Kendati demikian, Irvan menyatakan bahwa PAN tetap akan mengutamakan kader untuk maju pada Pilkada 2020 mendatang.

"Tapi, siapa yang akan diusung, itu ditentukan oleh DPP, bukan DPW apalagi DPD. Tak tertutup kemungkinan juga kita mengusung yang bukan kader, asalkan sudah mengikuti prosedur yang telah kita tetapkan," ujar Irvan.***