BORONG – Meski fisiknya memiliki keterbatasan, namun semangat Rivaldus Eman Jalu menuntut ilmu menggebu-gebu. Bocah berusia 7 tahun ini dengan penuh keceriaan berangkat ke sekolah setiap hari, walaupun harus merangkak atau berjalan menggunakan lututnya.

Dikutip dari Kompas.com, ketika ayam jantan mulai berkokok dini hari, Rivaldus bergegas mandi dan mengenakan seragam sekolah. Setelah mengenakan seragam, bocah yang tinggal di Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut buru-buru meraih tas punggungnya. Tak lupa dia mengenakan topi dan mulai merangkak menuju sekolahnya, SD Negeri Sae Desa Komba.

Setiap hari, anak kedua dari pasangan Marten Japindan dan Magdalena Din tersebut merangkak dengan lututnya, menempuh jarak 1.800 meter dari rumah ke sekolah, melintasi jalan berbatu-batu.

Kepala Sekolah SDN Sare, Kristoforus Selek membenarkan bahwa siswanya, Rivaldus Eman Jalu selalu berjalan dengan lututnya ke sekolah.

Menurut Kristoforus, bocah tersebut masuk sekolah sejak 11 Juli 2022.

''Benar yang viral di media sosial bahwa siswa kelas I SDN Sare berjalan dengan lutut ke sekolah dari rumahnya,'' jelas dia, Selasa (23/8/2022).

Guru SDN Sare, Heribertus Minggus menjelaskan, sejak lahir, Rivaldus Eman Jalu mengalami kelainan fisik pada kaki bagian kanannya.

Sementara kaki kirinya dalam keadaan baik. Rivaldus bisa berdiri dengan kaki kirinya, namun tidak mampu bertahan lama.

''Rivaldus bisa berdiri dengan kaki kirinya sementara jalan ke sekolah, Rivaldus, berjalan dengan lututnya. Rivaldus pagi-pagi ke sekolah. Teman-temannya biasa bantu gendong saat ke sekolah,'' jelasnya.

Minggus mengatakan, saat pulang sekolah, para guru sering menawarkan bantuan mengantar Rivaldus pulang ke rumah.

''Rivaldus memiliki kemauan keras untuk masuk sekolah sejak 2021 lalu, hanya waktu itu belum pas umurnya. Kini umurnya pas tujuh tahun sehingga sejak 11 Juli 2022 masuk sekolah kelas 1,'' jelas dia.

Minggus menjelaskan, sekolah menerima Rivaldus dengan baik. Apalagi, Rivaldus memiliki semangat belajar yang tinggi.***