TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) telah bekerjasama dengan lima StarUp untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Adapun lima StartUp tersebut yakni Traveloka, Tokopedia, Bukalapak, GoPay dan LinkAja. Kini, melalui lima aplikasi tersebut, masyarakat Kuansing sudah bisa bayar PBB secara online.

"Bayar PBB semakin mudah, tak perlu datang ke Bapenda apalagi sampai ngantri. Kini, proses pembayarannya ada dalam genggaman masyarakat. Melalui smartphone, cukup isntal satu dari lima aplikasi tersebut," ujar Jafrinaldi, Kepala Bapenda Kuansing, Ahad (3/5/2020) di Telukkuantan.

Bapenda Kuansing sengaja menjalin kerjasama dengan StartUp yang ada di Indonesia. Hal itu dilakukan dalam rangka meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Sebelum itu, pembayaran PBB juga telah bisa dilakukan melalui ATM Bank Riaukepri dan mesin EDC. Kemudian, Bapenda Kuansing juga sedang merancang kerjasama dengan Alfamart dan Indomaret. Targetnya, tahun ini pembayaran PBB bisa melalui waralaba itu.

"Ini semata-mata untuk memudahkan masyarakat Kuansing untuk mendapatkan layanan. Terlebih, dalam masa pandemi Covid-19 ini, semua pelayanan diupayakan secara online," ujar Jafrinaldi.(adv)