SUNGAI MANDAU, GORIAU.COM - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak Hj Misnarni Syamsuar memberikan pelatihan keterampilan khusus bagi ibu-ibu PKK desa se-Kecamatan Sungai Mandau. Pelatihan keterampilan ini dipusatkan di Aula Kantor Kecamatan Sungai Mandau, Jumatt (7/6/2013), bersamaan dengan pelaksanaan Safari Jumat, Bupati Siak di Sungai Mandau.

Menurut Hj Msinarni, ibu rumah tangga sudah seharusnya memiliki berbagai macam keterampilan. Seperti keterampilan untuk berkreasi memanfaatkan barang-barang bekas dari hasil industri rumah tangga. Keterampilan yang dimiliki nantinya tidak lagi hanya sebatas untuk mengisi waktu luang, akan tetapi juga diharapkan mampu menghasilkan kreatifitas yang memiliki harga jual. ''Keterampilan ini sangat penting dimiliki oleh setiap ibu rumah tangga, jika bisa seharusnya tidak hanya untuk mengisi waktu luang, tetapi juga memiliki harga jual,'' ungkap Misnarni disela-sela memberikan pelatihan.

Lebih lanjut Misnarni menjelaskan keterampilan sekecil apapun bentuknya harus dilakukan secara terus menerus dan kemudian diajarkan kepada orang lain. Karena karya yang besar sekalipun, kata Misnarni, dimulai dari hal-hal kecil. ''Karya yang besar sekalipun tentunya dimulai dengan hal-hal dan kemampuan yang kecil pula. Akan tetapi melalui ketekunan dan usaha maka dari hal yang kecil bisa menghasilkan sesuatu yang besar. Jadi tidak perlu harus melakukan sesuatu yang besar. Tetapi harus dimulai dan terus dilakukan,'' tegas nya.

Dari usaha rumah tangga seperti keterampilan ini diharapkan mampu memiliki harga jual. ''Jika sudah bisa dijual tentu ini akan membantu perekonomian keluarga,'' imbuhnya.

Ia juga mengharapkan agar ibu-ibu yang telah memiliki keterampilan mampu untuk memberikan pelajaran dan ilmunya kepada ibu-ibu yang lain. ''Nanti ibu-ibu ini harus bisa mengajarkan kepada yang lain. Mungkin juga bisa membuat usaha secara berkelompok. Karena dengan bersama-sama akan melahirkan ide-ide dan keterampilan serta kreasi baru,'' ujarnya.

Selain memberikan pelatihan, Misnarni juga menghadiri peresmian Musaholla Nurul Hijra di Desa Olak, kecamatan Sungai Mandau sekaligus peringatan Israk Mikraj. (sks)