SELATPANJANG - Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kabupaten Kepulauan Meranti gelar rapat perdana pembentukan pengurus, bertempat di gedung LAMR, Jalan Dorak, Selatpanjang, Sabtu (7/9/2019).

Sebelum pembentukan pengurus, Ketua DPD LAN Provinsi Riau, Sefianus Zai melalui Ketua Bidang Media dan Investigasi, Ramlan Abdullah menyampaikan apresiasi atas terbentuknya LAN di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dikatakannya, Riau merupakan salah satu pintu gerbang masuknya barang haram yakni Narkoba. Karena letak geografisnya yang langsung berbatasan dengan negara- negara tetangga, dan garis pantainya yang cukup panjang.

Penyalahgunaan dan peredaran narkotika di Provinsi kaya SDA ini sangat menghawatirkan. Data diberbagai Lembaga Pemasyarakatan di Riau, bahwa 70-80 % penghuni penjara adalah kasus penyalahgunaan narkotika.

Hadirnya Lembaga Anti Narkotika (LAN) sangat serius membantu pemerintah, TNI-Polri maupun masyarakat dalam melakukan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Diakuinya, kejahatan peredaran narkotika sudah sangat darurat dan sangat membahayakan masa depan generasi bangsa.

"Saat ini pengedar narkoba dan pemakai narkoba sudah sangat terbuka dan berani di tengah-tengah masyarakat, seolah-olah narkotika ini adalah sebuah kebutuhan yang bermanfaat, contoh di pedalaman narkoba sudah dianggap sebagai penambah tenaga, agar kuat mendodos, anak-anak banyak yang sudah menjadi pecandu, bahkan Lem Goat pun dihirup jika sudah tidak ada uang untuk membeli barang itu," paparnya.

Sementara itu, Ketua DPC LAN Kepulauan Meranti, Zainuddin, Hs, SAg mengajak seluruh pengurus yang telah terbentuk untuk bergandengan tangan melawan peredaran gelap narkotika.

Diutarakannya, sesuai AD dan ART LAN bahwa kepengurusan akan dibentuk sampai ke tingkat RT dan RW dan setiap tingkatan kepengurusan minimal 50 orang, dengan tujuan agar ruang gerak pengedar dan pemakai semakin terpantau.

Ia meminta peran serta masyarakat untuk berpartisipasi memberantas penyalahgunaan dan perderan gelap narkotika dengan cara bergabung di struktur kepengurusan LAN Kepulauan Meranti.

"Mari bergadengan tangan melawan narkoba demi masa depan bangsa kita, semoga Riau Bersinar, bersih dari narkoba," pungkasnya.

Sekedar informasi, pembentukan pengurus DPC LAN Meranti berdasarkan mandat DPP LAN Pusat. Rapat perdana itupun secara aklamasi menetapkan Zainuddin Hs, SAg sebagai Ketua DPC LAN Kepulauan Meranti, Sekretaris Sapria Candra dan Bendahara Azir Dahlan, SAg. (rls)