BENGKALIS, GORIAU.COM - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bengkalis, H Najamudin, melantik belasan pejabat eselon III dan IV di lingkup satuan kerja yang dipimpinnya, Selasa (19/3/2013). Pelantikan dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi Satpol PP yang berubah status dari kantor menjadi badan sehingga ke depan bisa bekerja maksimal sesuai tugas dan fungsinya.

Kepala Satpol PP, H Najamudin ditemui usai pelantikan mengatakan bahwa sesuai Peraturan Daerah (Perda) No 04 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Satpol PP Kabupaten Bengkalis, fungsi dan susunan organisasi yang tertuang dalam pasal 3 bahwa Satpol PP mempunyai tugas mengamankan Peraturan Daerah, Peraturan Bupati, Keputusan Bupati, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman umum masyarakat serta perlindungan masyarakat.

“Penjabaran dari tugas dan fungsi Satpol PP ini sangat luas. Intinya kami siap menjalankan tugas sesuai amanat yang tertuang dalam pasal 3 itu. Terlebih pasca pelantikan ini, struktur organisasi Satpol PP sudah lengkap dan insyaallah kami mampu menjalankan tugas ini dengan baik,” ujar mantan Staf Ahli Bupati ini.

Diantara pejabat eselon III yang dilantik adalah Drs Kusnen sebagai sekretaris, Nizamudin sebagai Kabid Penegakan Perundang-Undangan, Rusni sebagai Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, H Tarmizi Ahmad sebagai Kabid Perlindungan Masyarakat dan H Anwar sebagai Kabid Sumber Daya Aparatur. Sementara pejabat eselon IV yang dilantik antara lain, Erzansyah, Mahadir dan lainnya.

Dalam melaksanakan tugas, Satpol PP menyelenggarakan sejumlah fungsi sesuai wewenangnya. Antara lain kata Najam, menyusun program, pelaksanaan penegakan peraturan daerah, peneyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.

“Fungsi Satpol juga sebagai pengawas terhadap masyarakat, aparatur atau badan hukum agar mematuhi dan mentaati Perda, Peraturan Bupati dan Keputusan Bupati,” jelasnya.

Terkait masih ditemukannya berbagai bentuk penyakit masyarakat di kota Bengkalis, menurut Najam, pihaknya akan berusaha maksimal meminimalisir berbagai bentuk penyimpangan yang terjadi. Untuk itu, dirinya juga mohon dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, terutama dalam memberikan berbagai informasi pekat di tengah masyarakat.

“Butuh komitmen dan kerjasama dari semua pihak untuk mewujudkan ketentraman di daerah kita ini. Satpol PP tidak bisa bekerja sendiri, perlu berkoordinasi dengan sejumlah instansi juga dukungan dan kerjasama masyarakat,” tutupnya. (jfk)