TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) optimis kegiatan rehab Stadion Sport Centre dan empat venue ditambah pembangunan venue tenis lapangan selesai tepat waktu. Saat ini, kegiatan tersebut masih dalam proses tender, sementara tahun 2021 tinggal dua bulan lagi.

Rasa optimis itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kuansing, Masrul Hakim, Jumat (22/10/2021) di Telukkuantan.

"Insya Allah akan selesai tepat waktu. Kemungkinan hari ini sudah keluar jaminan pelaksanaan dari pihak pemenang. Kalau itu sudah ada, kita langsung teken kontrak," ujar Masrul.

Adapun enam kegiatan yang berasal dari bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi Riau, yakni rehab fasilitas Sport Centre dengan pagu Rp6,3 miliar, rehab Hall A Sport Centre dengan pagu Rp2,4 miliar, rehab Hall B Sport Centre dengan pagu Rp2,7 miliar.

Kemudian, rehab fasilitas Lapangan Limuno Telukkuantan dengan pagu Rp2,5 miliar dan rehab venue dayung Danau Kebun Nopi dengan pagu Rp5,6 miliar. Terakhir, pembangunan venue tenis lapangan dengan pagu Rp2 miliar. Total bankeu Provinsi Riau sebesar Rp21,5 miliar.

Dikatakan Masrul, empat kegiatan sudah ada pemenang, namun belum dikontrak karena belum ada jaminan pelaksanaan. Dari lelang yang dilakukan LPSE Kuansing, kegiatan rehab fasilitas Stadion Sport Centre Kuansing dimenangkan oleh CV. Rahmi Yulanda, rehab Hall A Sport Centre dimenangkan oleh CV. Arshaka Perdana, kemudian Hall B Sport Centre pemenangnya adalah CV. Karya Citra Agung. Kemudian, rehab venue dayung Danau Kebun Nopi dimenangkan oleh CV. Alka Utama.

Sedangkan untuk pembangunan venue Tenis Lapangan masih dalam tahap evaluasi administrasi, kualifikasi teknis dan harga. Begitu juga dengan rehab fasilitas Lapangan Limuno masih pada tahap penetapan pemenang.

Lambatnya proses tender enam kegiatan yang bersumber dari Bankeu Provinsi Riau disebabkan tidak tersedianya anggaran konsultan pengawas pada APBD murni Kuansing, namun kini sudah masuk dalam APBD-P.

Pemprov Riau menyalurkan bankeu senilai Rp21,5 miliar untuk Kuansing, karena Kuansing menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Riau tahun 2022 mendatang.***