PANGKALAN KERINCI -Hasil evaluasi terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Pelalawan tahun 2021 dari Pemerintah Propinsi (Pemprov) Riau, akan segera turun.

Diperkirakan hasil evaluasi APBD-P itu, akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan pada pekan depan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pelalawan, Devitson Saharudin, Jumat (22/10/2021) membenarkan hal itu. "Awal pekan depan, Senin atau Selasa," tuturnya.

Setelah turun, untuk kemudian diserahkan kembali kepada DPRD Pelalawan melalui Badan Anggaran (Banggar) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk diundangkan dan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Lebih lanjut ia menjelaskan, hasil evaluasi APBD-P dari Pemerintah Provinsi Riau itu, akan disertai dengan Surat Keputusan (SK) dari Gubernur Riau.

"Sesuai instruksi Bupati, OPD harus maksimalkan anggaran sampai akhir tahun sesuai rencana kerja yang telah dibuat. Mengingat waktu yang singkat butuh keseriusan dan fokus dari OPD masing-masing," ujar dia.

Sebelumnya, anggaran yang disahkan itu sebesar Rp 1,44 triliun setelah perubahan menjadi Rp 1,78 triliun. Terjadi adanya penambahan pada anggaran perubahan.

"Itu terjadi adanya penambahan Rp 424 miliar dengan kenaikan target belanja daerah sebesar Rp 374 miliar atau 26 persen," tandas Devitson.***