JAKARTA - Indonesia masih susah menang atas Thailand. Tim Garuda terakhir kali mampu mengalahkan Gajah Perang di level senior adalah pada 2016. Indonesia ditahan Thailand 1-1 pada laga Grup A Piala AFF 2022 berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Tim Garuda gagal menang meski Gajah Perang bermain dengan 10 pemain. Indonesia unggul lebih dulu lewat penalti Marc Klok pada menit ke-49. Situasi semakin menguntungkan untuk Indonesia usai pemain Thailand Sanrawat Dechmitr mendapat kartu merah pada menit ke-63.

Unggul jumlah pemain, Indonesia justru harus kebobolan di menit ke-80 akibat tembakan Sarach Yooyen. Thailand saat ini masih berada di puncak klasemen Grup A dengan tujuh poin. Poin mereka sama dengan Indonesia di urutan kedua tapi unggul selisih gol.

Hasil imbang ini membuat Indonesia masih sulit menang atas Thailand di level timnas senior. Tim Garuda tak pernah menang di tujuh pertemuan terakhir menghadapi Thailand.

Indonesia kalah empat kali dan tiga kali imbang. Kemenangan terakhir Indonesia atas Thailand terjadi di Piala AFF 2016. Kala itu, Indonesia menang 2-1 di laga leg pertama final yang digelar di Stadion Pakansari. Indonesia yang tertinggal lebih dulu lewat gol Teerasil Dangda bisa membalikkan keadaan melalui gol Hansamu Yama dan Rizky Pora.

Meski menang pada leg pertama, Indonesia gagal juara pada Piala AFF edisi tersebut. Pasalnya, Tim Merah Putih kalah 2-0 di kandang Thailand pada leg kedua. Indonesia kalah agregat 3-2.

Thailand memang sangat dominan atas Indonesia dilihat dari total pertemuan secara keseluruhan. Dikutip dari 11v11, Indonesia telah bertemu dengan Thailand sebanyak 81 kali di level senior. Indonesia hanya mampu menang 25 kali atas Thailand, 40 laga berakhir dengan kekalahan. Sementara, 16 sisanya berakhir imbang.***