PEKANBARU - Tim Kukerta Relawan Covid-19 Universitas Riau (Unri) melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai tatanan normal baru atau new normal kepada masyarakat di Desa Lubuk Ogung, Kecamatan Bandar Sei Kijang, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Sosialisasi New Normal ini tidak hanya dilakukan oleh Tim Kukerta Relawan Unri sendiri, tetapi juga didampingi oleh Bhabinkamtibnas Bripka Aspan Hari, Kepala Dusun Sapri, Bidan Desa Lubuk Ogung Romika Amd. Keb, Karang Taruna Desa Lubuk Ogung Ridwan dan juga tim relawan desa baik dari masyarakat setempat maupun dari pihak-pihak perusahaan yang berada dikawasan Desa Lubuk Ogung.

Ketua Tim Kukerta Relawan Unri di Desa Lubuk Ogung, Rizki Khodijah Matondang mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi dan edukasi tersebut dilaksanakan di Posko Covid-19 yang berada di Jalan Langgam sejak 20 Juni 2020 kemarin.

"Kami sengaja melakukan sosialisasi new normal di Jalan Langgam karena jalan ini merupakan satu-satunya akses keluar masuk masyarakat Lubuk Ogung. Apa lagi, posko Covid-19 juga ada di sini," kata Rizki.

GoRiau

Selama sosialisasi ini, kata Rizki, ia dan rekan satu timnya terlebih dahulu melakukan pengecekan suhu tubuh kepada setiap masyarakat yang akan masuk ke desa.

"Masyarakat yang keluar masuk desa wajib menggunakan masker. Jika terdapat masyarakat yang tidak menggunakan masker, kami juga membagikan masker ke masyarakat tersebut dan memberikan edukasi kepada mereka tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan," terang Rizki.

GoRiau

Ia juga mengingatkan, bahwa keadaan new normal bukanlah keadaan seperti sebelum datangnya pandemi Covid-19, tetapi keadaan yang diusahakan seperti biasa dengan mematuhi protokol kesehatan seperti, menggunakan masker, sering mencucui tangan, dan menjaga kesehatan.

"Pandemi ini belum berakhir. Kita diminta untuk hidup berdampingan dengan Covid-19, caranya dengan hidup seperti biasa namun harus mematuhi protokol kesehatan. Inilah new normal," ujarnya. (rls)