PEKANBARU - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Riau akhirnya memutuskan Musyawarah Wilayah (Muswil) digelar pada tanggal 29 Juli 2020.

Ketua Steering Committee (SC) Muswil PAN Riau, Tengku Zulmizan Assegaf mengatakan, pelaksanaan Muswil ke IV ini dilakukan mengingat masa jabatan pengurus DPW PAN Riau 2015-2020 sudah habis.

Disampaikan Zulmizan, berdasarkan Keputusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PAN tahun 2020, telah ditetapkan bahwa DPW PAN seluruh Indonesia diminta menyelenggarakan Muswil paling lambat bulan Juli tahun 2020 ini.

"Berdasarkan Rapat Harian DPW PAN Provinsi Riau tanggal 4 Juli 2020, telah ditetapkan bahwa Muswil VI PAN Riau akan dilaksanakan 29 Juli 2020," kata Zulmizan, Selasa, 7 Juli 2020.

Untuk itu, DPW PAN Riau telah mengirim surat resmi kepada DPP PAN meminta persetujuan jadwal dan saat ini DPW masih menunggu konfirmasi persetujuan.

Sesuai dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ ART) PAN, jelas Zulmizan, muswil adalah institusi pengambil keputusan tertinggi di tingkat provinsi yang berwenang untuk menjabarkan hasil Kongres dan kebijakan DPP, membahas Laporan Pertanggungjawaban (Lpj) DPW periode berjalan dan tentang pelaksanaan program kerja, kebijakan, dan keuangan partai periode berjalan.

Muswil nanti juga menetapkan rekomendasi kebijakan partai di tingkat provinsi, memilih dan menetapkan ketua Formatur atau Ketua DPW dan anggota Formatur. Kemudian, Muswil nanti juga akan memilih dan menetapkan Ketua Majelis Penasihat Partai Wilayah.

Lebih jauh, lanjut Zulmizan, SC juga sudah membuat pengumuman terbuka tentang Pendaftaran Bakal Calon Formatur Pengurus DPW PAN Riau Periode 2020 - 2025.

Sesuai ketentuannya, pendaftaran ini harus diumumkan selambat-lambatnya 7 hari sebelum pendaftaran dibuka atau 15 hari sebelum pelaksanaan Muswil dan ditutup 7 hari sebelum hari H.

"Sesuai pengumuman Panitia Pengarah, pendaftaran Bakal Calon Formatur dibuka mulai tanggal 14 Juli 2020 sampai 21 Juli 2020 pukul 17.00 WIB dengan menbawa persyaratan lengkap," tambah Zulmizan.

Sesuai dengan AD/ART PAN, peserta Muswil nantinya terdiri dari 1 orang utusan DPP, Pengurus Harian DPW, Ketua Majelis Penasihat Partai Wilayah (MPPW), Ketua dan Sekretaris DPD kabupaten kota dan Ketua DPC kecamatan.

Jika merujuk ketentuan ini, diperkirakan Muswil PAN Riau akan diikuti oleh sekitar 280 Peserta. Jika ditambah sekitar 20 Peninjau, maka jumlah total Partisipan adalah sekitar 300 orang.

"Mengingat saat ini masih dalam suasana 'new normal' pandemi Covid-19, maka diprediksi kemungkinan besar Muswil VI PAN Riau akan digelar secara virtual. Namun, untuk kepastian teknis pelaksanaannya, Panitia dan DPW PAN Riau masih menunggu Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) resmi dari DPP PAN," tutupnya. ***