JAKARTA -  Pandemi Covid-19 tidak mempengaruhi pembinaan catur Indonesia. BPK Penabur kembali bekerjasama dengan PB Percasi dan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) menyelenggarakan event akbar, kali ini bertajuk Festival Catur Pelajar Tingkat  Nasional - BPK Penabur 2021.

Serangkaian kegiatan yang bersifat edukasi dan entertain ini diadakan bertujuan utama mensosialisasikan catur ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia, sekaligus melakukan talent scouting, menjaring bibit unggul bahkan sampai ke seluruh pelosok dan penjuru tanah air.

Gebyar catur ini akan berpuncak pada Turnamen Catur Tingkat Nasional BPK Penabur Cup. Para pelajar se-Indonesia dapat mengikutinya karena diselenggarakan secara online.

Pelaksanaannya dibagi dalam dua tahapan yaitu, babak kualifikasi akan digelar 14-15 Agustus 2021, dilanjutkan babak finalnya 22 Agustus 2021, menggunakan Protocol Fide yaitu ketentuan Fide untuk penyelenggaraan turnamen catur online. Adapun pembagian kategori yang dipertandingkan : Pelajar kelas 1-3 SD, kelas 4-6 SD, kelas 7-9 SMP, serta kelas 10-12 SMA, dengan setiap kelompok tersebut ada nomor khusus untuk putri.

“Kami berharap turnamen terbuka online ini bisa diikuti oleh ribuan pelajar dari berbagai daerah di Indonesia. Sudah saatnya mengembangkan potensi siswa melalui catur,” ujar Ir. Budijanto Gunawan, MM , Ketua Panitia Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur 2021.

Bagi PB Percasi, turnamen yang melibatkan anak-anak sekolah dari tingkat dasar hingga menengah ini menjadi angin segar, karena dapat menyebarluaskan catur ke seluruh sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Permainan catur yang sarat dengan pembentukan pola pikir serta mengasah mental itu pun dapat menjadi sarana membangun karakter bangsa. Demikian Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto, mengomentari event ini.

Di waktu dan tempat terpisah hal senada diungkapkan oleh Dewan Pembina Percasi, Ir. Eka Putra Wirya, menegaskan bahwa tujuan mempertandingkan total 8 kelompok pelajar SD–SMA Putra/Putri ini, adalah untuk mencari bibit unggul dari lingkungan sekolah.
Sebagai penggagas event ini, Eka menjelaskan bahwa turnamen ini pun sebagai sarana bagi siswa untuk menggembleng diri, menggali dan mengembangkan bakat, serta memfasilitasi mereka meraih apresiasi. Semua ini bertujuan membentuk ketangguhan mental pelajar.

Event ini juga sejalan dengan tema HUT ke 71 BPK Penabur Berbagi dan Berdampak BagiSesama. Melalui catur, diharapkan tumbuh bibit- bibit baru yang kelak bisa membanggakan negara, dan sekaligus juga mengasah lebih tajam karakter jujur, sportifitas tinggi, dan semangat untuk berjuang mencapai yang terbaik. "Kesemuanya itu akan mewujudkan generasi bangsa yang mampu membuat Indonesia lebih maju," tegas Adri Lazuardi Ketua Umum Yayasan BPK Penabur.

Sebelum menuju ke turnamen, ada serangkaian kegiatan yang dilakukan, dimulai dengan acara coaching clinic pada tanggal 7 Agustus 2021 untuk siswa SD, SMP, hingga SMA. Kemudian, “Talkshow” yang digelar tanggal 14 Agustus 2021 mengangkat tema “Peran Catur dalam Membangun dan Membentuk Karakter Unggul Anak Bangsa. Tampil sebagai narasumber di antaranya GM Utut Adianto dan Gus Imam Pituduh.

Sementara pendaftaran untuk turnamen catur pelajar terbuka nasional ini masih terus dibuka sampai tanggal 7 Agustus 2021. Caranya sangat mudah. Cukup mendaftar pada link www.scua.id. ***