JAKARTA - Kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau makin meluas. Guna memadamkan api, Tim Satgas gabungan mendapat bala bantuan dari Kodam I/Bukit Barisan yang bermarkas di Sumatera Utara.

Bala bantuan personil TNI Angkatan Darat ini berjumlah dua Satuan Setingkat Kompi (SSK) prajurit TNI AD yang di kirim ke Riau untuk membantu tim yang sudah ada sebelumnya.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (30/08/2016) di Jakarta.

"Ketua BNPB bapak Willem Rampangilei sudah meminta Pangdam Bukit Barisan guna menigirim dua SSK TNI AD dari Sumatera Utara. Tujuanya agar penanganan kebakaran hutan dan lahan di Riau segera teratasi," ungkap Sutopo kepada GoNews.co melalui pesan singkat BBM.

Dua SSK TNI AD ini kata Sutopo akan ditempatkan di dua wilayah yakni Dumai dan Rokan Hilir. "Sesuai laporan tim dilapangan, daerah terparah adalah Rohil dan Dumai, jadi mereka nanti akan ditempatkan disana," tukasnya lagi.

Masih kata Sutopo, jika dilihat dari kebakaran lahan dan hutan yang terjadi saat ini memang jauh menurun dibanding tahun lalu. Namun kata dia, tetap saja asap pekat akibat kebakaran bisa menganggu masyarakat.

"Jumlah titik api ada penurunan, tapi tetap kita wasapada dan siaga, apalagi ditambah dengan cuaca yang tidak menentu saat ini. Kita tetap mengimbau masyarakat agar dalam beraktifitas menggunakan masker," pungkasnya. (***)