PEKANBARU - Puluhan imigran asal Afganistan melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Riau yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Selasa (11/1/2022). Mereka yang berasal dari suku Hazara Afganistan itu meminta segera dipindahkan ke negara ketiga seperti Australia dan Amerika Serikat.

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Pujo Harinto juga langsung menemui para perwakilan imigran dan menanyakan permasalahan yang sebenarnya dialami oleh para imigran ini.

"Saya terima mereka (imigran) sebagai sesama saudara muslim, saya tidak merasa didemo oleh mereka dan mereka mau silaturahmi dan juga berbagai permasalahannya," kata Pujo.

Lanjut Pujo, ada sekitar 919 orang asal Afganistan yang minta pindah negara ketiga. "Tuntutan mereka sudah kita dengarkan dan akan kita bantu dengan sesuai tugas masing-masing," ucapnya.

Pujo juga mengklaim bahwa tempat tinggal yang disediakan oleh pemerintah Indonesia untuk para pencari suaka ini sudah layak dan ditempatkan di Community House atau di lingkungan mereka.

"Dia bisa masak sendiri dan tempat tidur bagus hingga pendidikan juga dipenuhi, tidak ada hak-hak mereka yang dilanggar oleh Indonesia," tutupnya. ***