SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim menyadari masih belum sinkronnya program desa dengan program yang dijalankan oleh OPD ditingkat Kabupaten, akibatnya banyak program strategis desa yang tidak dapat direalisasikan. Menyikapi hal itu wabup siap menerima masukan dan aspirasi kades untuk difasilitasi dengan OPD terkait baik tingkat kabupaten, provinsi maupun pusat.

"Dengan adanya sinkronisasi program desa dan kabupaten maka bantuan dan kegiatan yang dilaksanakan benar-benar tepat sasaran sehingga manfaat yang didapat lebih terasa, saya akan selalu membuka diri silahkan kades menyampaikan masukan dan sarannya," ujar Wabup Said Hasyim saat memberikan pengarahan kepada kades se-Kabupaten Kepulauan Meranti dalam acara pelatihan awal masa jabatan kades pasca pilkades 2019 lalu, bertempat di Meeting Room AKA Hotel, Selatpanjang, Selasa (25/2/2020).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Drs. Ikhwani, Sekretaris DPMPD H Edi M. Nur,  Kabid Desa BPMPD Meranti Darwis SIp, Narasumber dari OPD terkait, serta 49 kepala desa hasil pilkades 2019 lalu.

Seperti yang selalu disampaikan wabup ditiap kesempatan musrenbang salah satu program yang sangat penting menjadi perhatian selain pembangunan infrastruktur adalah program pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Yakni upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas SDM baik raga maupun moral, akhlak dan budi pekerti yang diyakini sebagai investasi masa depan penentu berhasilnya pembangunan daerah.

Caranya dengan meningkatkan fasilitas pendidikan membangun sekolah unggul, dan memperhatikan keadaan gizi masyarakat. 

"Saat ini keadaan gizi masyarakat masih rendah dampaknya luar biasa akan menyebabkan generasi Meranti tumbuh tidak normal, hal ini harus menjadi perhatian dan kades adalah orang yang paling tahu kondisi wilayahnya. Jadi wajib mengetahui perkembangan anak anak di tiap rumah," ujar wabup.

Selanjutnya terkait acara Pelatihan Kades Pasca Pilkades 2019, dalam sambutannya Wabup H Said Hasyim mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut, menurut acara ini sangat penting dalam upaya memberikan pengetahuan kepada para Kades di Meranti sehingga mampu menjalankan tugas, kewajiban dan kewenangannya dengan baik dan aman dapat dipertanggungjawabkan.

Sekedar informasi, seperti dijelaskan Kabid Desa DPMPD Kepulauan Meranti Darwis SIp kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat kemampuan, pengetahuan, sikap, dan keterampilan kepala desa. Dengan pengetahuan itu diharapkan kades dapat menjalankan tugas dan fungsi kewenangannya sesuai dengan perundang-undangan dengan transparan, partisipatif, serta akuntable dalam mewujudkan desa mandiri dan sejahtera.

Wabup mengingatkan kepada kades dalam menjalankan programnya jangan pilih kasih dan bertindaklah sebagai pemersatu masyarakat. Karena seperti diketahui dalam pemilihan kades tentu ada yang mendukung maupun tak mendukung namun hal itu ditekankan wabup jangan menjadi acuan dalam pelaksanaan program pembangunan.***