JAKARTA - Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, menepis rumor pertemuan Prabowo dengan Kepala BIN, Budi Gunawan yang dikaitkan dengan rekonsiliasi politik.

"Gini lho, yang paling penting-saya nggak bersepakat dengan kata-kata rekonsiliasi ya. Nggak ada yang perlu direkonsiliasikan. Karena ini kompetisi, biasa," kata Dahnil di Media Center BPN, Jakarta Selatan, Senin (24/06/2019).

Dahnil mengaku tak tahu persis soal pertemuan-pertemuan Prabowo. Tapi yang jelas, kata Dahnil, "Pak Prabowo sejak awal terbuka sekali bertemu dengan siapapun, dengan Pak Jokowi, dengan siapapun,".

Tapi, Dahnil menegaskan, pertemuan-pertemuan Prabowo tidak dalam bingkai untuk lobi-lobi dan bagi-bagi jabatan politik.

Ads
"Frame-nya untuk kepentingan publik, seperti belakangan ini kan banyak tokoh-tokoh BPN yang kemudian dikriminalisasi, dituduh makar, dan sebagainya," kata Dahnil.

Dahnil mengatakan, dirinya tengah berfokus pada proses gugatan PHPU di Mahkamah Konstitusi (MK), sehingga soal rumor pertemuan Prabowo dengan BG yang diberitakan politis, dirinya tidak tahu persis adanya pertemuan itu.

Sebelumnya, Prabowo dikabarkan bertemu Kepala BIN, Budi Gunawan di Bali pada awal Juni 2019. Rumor soal konsesi pun menjadi pemberitaan.

Dilansir Tempo.co, Anggota Badan Komunikasi Partai Gerindra Andre Rosiade mengatakan, "Pertama, saya tidak tahu apakah pertemuan itu ada atau tidak. Yang kedua saya rasa fokus kami di MK, bukan bertemu tokoh-tokoh yang ada di kubu 01,".

Tapi Andre membenarkan adanya kunjungan Prabowo ke Bali. Katanya, "Pak Prabowo ke Bali dalam rangka ulang tahun Pak Hashim (Adik Prabowo)".

Sementara Budi Gunawan, menolak berkomentar ketika ditemui seusai rapat bersama Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat pada Kamis (20/06/2019) lalu. Adapun Direktur Komunikasi dan Informasi BIN, Wawan Hari Purwanto, enggan mengomentari pertemuan Budi dan Prabowo di Bali.

"Itu bukan kapasitas saya," kata Wawan, Jumat (02/06/2019).***