TOKYO - Pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang menempati runner up grup C akhirnya harus bertemu juara Grup A unggulan pertama asal China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Itu hasil undian perempatfinal cabang bulutangkis sektor ganda campuran rampung yang digelar pada Senin (26/7/2021) malam.

Jordan/Melati dan Zheng/Huang berada di pool atas bersama Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris Raya) yang akan berhadapan dengan Tang Chun Man/Tze Ying Suet (Hong Kong).

Sementara di pool bawah, unggulan kedua Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (China) bertemu Seo Seung Jae/Choi Sol Gyu (Korea) dan Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang) menghadapi Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand).

Jordan/Melati menanggapi hasil undian tersebut. "Lawan siapapun kami harus siap," ujar Melati saat dihubungi Tim Humas dan Media PP PBSI dari Jakarta.

"Apalagi ini sudah perempatfinal, semua lawan berat jadi dari awal pun harus siap," lanjutnya.

Melati menambahkan bahwa faktor mental sangat berpengaruh pada performanya. "Yang pasti harus siap secara mental. Karena itu berpengaruh ke semuanya terutama ke permainan kami. Kendala tadi kami tidak bisa keluar dari tekanan Beberapa kali dapat tapi akhirnya balik lagi kayak gitu. Hilang-hilangan. Itu yang tidak boleh terjadi lagi," ungkap Melati.

"Lusa harapannya ingin bisa main lebih enjoy dan bisa memberikan permainan terbaik yang kami punya," katanya lagi.

Di sektor ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil mendulang kemenangan kedua di grup D. The Daddies, julukan mereka, menang atas pasangan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik dua gim langsung 21-16, 21-19.

"Alhamdulilah kami bisa melewati laga hari ini, pertandingan yang cukup susah karena pasangan Malaysia juga tampil baik jadi kami bersyukur bisa menang di laga ini,” tutur Ahsan dikutip dari Tim Media NOC Indonesia.

Sudah memenangkan pertandingan dua kali belum memastikan Ahsan/Hendra lolos ke babak delapan besar.

Faktor kelolosan mereka akan ditentukan pada Selasa (27/7) esok kontra pasangan Korea Choi Sol Gyu/Seo Seung Jae.

"Besok bukan laga yang mudah ya karena pasangan Korea juga merupakan pasangan yang hebat. Tapi, kita lihat saja gim besok seperti apa dan mau diskusi dulu dengan pelatih untuk strategi nya. Sekarang ini mungkin kami fokus recovery dulu,” papar Hendra.

"Mereka punya power yang bagus, pertahanan mereka juga cukup rapat," tutup Ahsan.

Berikut jadwal pemain Indonesia hari Selasa (27/7):

08.40 - Lapangan 1

Penyisihan Grup A Ganda Putri

Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (1/Jepang)

10.00 WIB - Lapangan 2

Penyisihan Grup A Ganda Putra

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (1) vs Lee Yang/Wang Chi-Lin (Chinese Taipei)

10.40 WIB - Lapangan 2

Penyisihan Grup D Ganda Putra

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (2) vs Choi Sol Gyu/Seo Seung Jae (Korea)  ***