JAKARTA - Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga menilai, gagasan memberi mandat kepada Jusuf Kalla untuk menyelesaikan masalah Papua sangat tepat. Pasalnya, JK sudah terbukti mampu mendamaikan konflik di Aceh, Poso, dan Ambon.

Dalam pernyataan tertulis yang dibaca GoNEWS.co, Rabu (5/5/2021), Jamil bahkan mendorong kendali JK juga harus berlaku atas aparat bersenjata negara Republik Indonesia.

"Agar upaya perdamaian yang akan dilakukan JK berjalan mulus, maka TNI, Polri, dan Intelijen seyogyanya berada dalam kendalinya," kata penulis buku 'Perang Bush Memburu Osama' itu.

Dengan kendali atas TNI, Polri, dan Intelijen, menurut Jamil, JK dapat bekerja tanpa khawatir akan ada yang cawe-cawe di luar kendalinya. Mandat penuh pada JK untuk menetapkan strategi, pendekatan serta tempat dan waktu yang diperlukan dan pemilihan tim misi perdamaian Papua, diyakini dapat menyelesaikan persoalan Papua dalam waktu yang relatif singkat.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Jenggala Center, Syamsuddin Radjab dalam sebuah diskusi daring pada Selasa (4/5/2021) menyatakan, dirinya mengusulkan agar mantan Wakil Presiden RI bisa itu turun tangan menyelesaikan masalah di Papua.***