PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Pelalawan, Riau telah menetapkan program berobat gratis bagi orang miskin atau tidak mampu di RSUD Selasih, Pangkalan Kerinci. Meski begitu, RSUD meminta agar warga yang berobat bisa mengikuti administrasi yang diperlukan mengingat pencairan dana dari Pemkab hanya bisa dilakukan jika administrasinya sudah memenuhi syarat.

Meski begitu, hingga saat inipelayanan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih masih berjalan lancar dan pasien yang menggunakan jamkesda dilayani sebagaimana mestinya. Hanya saja pihak RSUD Selasih banyak menemukan kendala di persayaratan-persyaratan untuk kepengurusan Jamkesda yang tidak lengkap.

"Kendala yang banyak kita temukan dari pasien yang belum mengantongi Jamkesda dan dalam kepengurusan yakni masalah KTP dan Kartu Keluarga," terang Direktur RSUD Selasih Pangkalan Kerinci Dr Endid Pratikno pada sejumlah media, Jum'at (22/3/2013).

Endid mengatakan bahwa sampai saat ini Jamkesda memang merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah dengan anggaran dana yang dibayarkan kepada pihak RSUD ataupun puskesmas yang ada. Dan tentunya program Jamkesda yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu ini juga harus melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan seperti rujukan surat miskin dari puskesmas yang melakukan rujukan kepada Rumah Sakit atau kepengurusan surat tidak mampu dari Dinas Kesehatan bagi pasien RSUD.

"Uang dari Pemda inikan dikeluarkan dengan syarat-syarat administrasi yang lengkap, begitu juga kita untuk menggunakan dana tersebut dengan syarat-syarat administrasi yang lengkap," ujarnya.

Ditambahkannya, dirinya berharap program jamkesda maupun Jamkesmas tepat sasaran dan programnya berjalan lancar. Sosialisasi Jamkesda dan Jamkesmas tidak hanya dilakukan Dinas Kesehatan saja tapi Rumah Sakit dan Puskesmas juga berperan untuk mensosialisasikannya.

"Untuk Jamkesda memang belum ada batas waktunya, sedangkan Jamkesmas setiap tahunnya dilakukan pembaruan sesuai prosedur yang berlaku. Kita telah tempel di depan pintu masuk RSUD untuk sosialisasi persyaratan kepengurusan Jamkesda maupun Jamkesmas," tutupnya. (ilm)