TELUKKUANTAN - Sebanyak 259 orang Jamaah Calon Haji (JCH) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau akan menunaikan ibadah haji pada tahin 2017 ini. Mereka akan diberangkatkan ke Arab Saudi melalui embarkasi Batam pada Rabu (2/8/2017).

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kuansing, H. Jisman, 259 JCH terdiri dari 104 laki-laki dan 155 perempuan.

Adapun JCH tertua adalah Umi Kalsum Binti Mak Dia (82) asal Kecamatan Pangean. Sedangkan JCH termuda dipegang oleh Adrianti Ramli Munir (32) asal Kecamatan Kuantan Tengah.

"Keberangkatan JCH Kuansing dibagi dua kloter, yakni kloter V dan VII. Kloter V sebanyak 253 orang dan kloter VII sebanyak 6 orang dan tergabung dengan JCH asal Dumai, Rokan Hulu dan Pelalawan," ujar Jisman.

Untuk jadwal keberangkatan, kloter V akan berangkat ke Arab Saudi pada 2 Agustus dan kloter VII pada 5 Agustus mendatang. Mereka akan tiba di sana pada 4 dan 7 Agustus 2017.

Kemenag Kuansing mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi yang telah menyediakan bus untuk keberangkatan JCH dari Telukkuantan menuju Pekanbaru.

Sementara itu, Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, MSi menyampaikan agar para JCH tetap menjaga kesehatan, sebab perjalanan yang akan ditempuh sangat jauh.

"Pola makan harus diatur, tidur tepat waktu," ujar Mursini yang melepas JCH secara resmi di Masjid Agung Kuansing. Pada kesempatan itu, turut hadir Wabup Kuansing H. Halim, Kasi Intel Revendra, SH dan Wakapolres Kuansing Kompol M. Idris serta pejabat teras lainnya.

Pemerintah Kabupaten Kuansing dan seluruh masyarakat Kuansing, lanjut Mursini, mendoakan supaya JCH bisa melaksanakan ibadah haji dan menjadi haji yang mabrur.

"Semoga menjadi haji yang mambrur, selamat pergi dan selamat kembali ke tanah air," ujar Mursini.***