JAKARTA – Pecatur putra Indonesia, IM Mohamad Ervan yang memiliki elo rating 2395, hingga babak kedua Turnamen Catur JAPFA Chess Festival ke-12, masih unggul 1,5 poin – 0,5 poin atas pecatur Filipina, GM Laylo Darwin (2439) asal Filipina. Di babak kedua yang dimainkan di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Minggu (11/9/2022), keduanya bermain remis.

Sebelum pertandingan babak kedua dimulai, Ervan mengatakan kalau lawannya merupakan pecatur yang berani. “Selama pertandingan di babak pertama, kita saling serang. Namun saya bisa mengalahkan dia,” kata Ervan yang sangat bersyukur atas kemenangan di babak pertama.

Keduanya akan memainkan pertandingan sebanyak enam babak. Babak ketiga dan keempat akan dimainkan Senin (12/9), pagi dan sore hari.

Sementara duel meet untuk kategori putri, IM Medina Wardha Aulia (2383) melawan pecatur Singapura GM Gong Qianyun (2271) masih imbang 1-1, setelah keduanya bermain remis di dua babak yang telah dimainkan. Partai ketiga dan keempat juga akan dimainkan Senin (11/9/2022).

Mengomentari dukungan yang selama ini diberikan PT JAPFA terhadap PB Percasi, melalui sponsor turnamen, serta kegiatan olahraga catur lainnya, Wakil Ketua Umum yang juga Ketua Harian PB Percasi Agustiar mengapresi dan angkat topi untuk komitmen PT JAPFA.

“Percasi sangat berterima kasih dan angkat topi untuk PT JAPFA yang selama 24 tahun telah membantu Percasi melahirkan bibit pecatur berkualitas,” tandasnya.

Sedangkan di Kelas Terbuka Putra IM Jodi Setyaki (2429) bersama IM Catur Adi Sagita (2356) memimpin klasemen sementara dengan nilai sempurna 4 poin dari empat babak yang telah dimainkan. Keduanya akan saling berhadap pada babak kelima, Senin (12/9) pagi.

Sebelumnya di babak keempat, Jodi Setyaki mengalahkan MN Akmalnaidi Akbar (2176), sementara Catur Adi mencatat kemenangan dari MN Suyud Hartoyo.

Dari 12 kategori yang dipertandingkan, PT JAPFA menyediakan hadiah total Rp270 juta. Turnamen JAPFA Chess Festival Ke-12 berlangsung 10 – 14 September 2022. ***