BAGANSIAPIAPI - Jalan lintas Siarang-arang, Pujud, Rokan Hilir, Riau rusak berat akibat banyaknya kendaran melebihi tonase. Kendaraan itu umumnya milik perusahaan perkebunan yang beroperasi di sekitar daerah tersebut.

''Jalan ini rusak karena banyak kendaraan yang melebihi tonase. Kita minta perusahaan menggunakan kendaraan standar,'' ujar Wakil Bupati Rokan Hilir, H Sulaiman SS, MH usai meninjau jalan Siarang-arang, Senin (12/7/2021).

Dikatakan, kendaraan yang melebihi tonase itu umumnya milik perusahaan angkutan sawit dan CPO (crude palm oil) yang melintasi jalur tersebut.

'"Kita minta pengusaha transportasi CPO dan sawit ikut memelihara jalan ini. Ini jalan yang dibangun dengan dana Pemda. Mereka harus ikut menjaga,'' kata Sulaiman yang sempat menegur sopir yang ditemuinya saat melakukan kunjungan kerja tersebut.

Sebelumnya, tambah Sulaiman, beberapa warga melaporkan bahwa jalan Siarang-arang rusak parah. Laporan itu masuk ke Pemkab.

''Kita akan rumuskan kembali bagaimana penegakan peraturan bisa dilaksanakan agar jalan daerah bisa awet. Nanti akan kita bahas sanksi yang bisa diberikan kepada pengusaha transportasi ini,'' tutupnya. ***