PEKANBARU, GORIAU.COM - Jajaran Kepolisian Daerah Riau bersama Kepolisian Resort Kota Pekanbaru akan menyiagakan sebanyak 900 personel kepolisian mengamankan kedatangan Wakil Presiden RI Boediono saat pembukaan Peparnas XIV 2012, 7 Oktober.

''Nantinya, saat acara pembukaan Peparnas yang rencananya akan dihadiri oleh Wapres di Stadion Khaharuddin Nasution, Rumbai, Pekanbaru, maka kekuatan personel akan ditambah menjadi 900 perseonel,'' kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Adang Ginanjar usai menghadiri acara Upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan Brigadir Polisi Tahun 2012 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Pekanbaru, sebagaimana dikutip goriaucom dari antarariaucomSelasa (2/10/2012).

Kombes Adang mengatakan, formasi untuk pengamanan Wapres pada Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XIV 2012 Riau 7 Oktober mendatang, tidak akan jauh berbeda dengan pengamanan Wapres saat acara Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII lalu.

''Tidak jauh berbeda lah, karena acaranya kan juga dibuka oleh Wapres, tentunya harus siaga pengamanan dengan kekuatan penuh,'' katanya.

Sementara untuk pengamanan jalannya 13 cabang olahraga yang dipertandingan selama Peparnas di Pekanbaru, Adang mengaku akan menyiagakan sebanyak 600 personel baik dari Polresta maupun pasukan dari Polda.

''Semuanya telah siap dan kami akan berupaya bagaimana Peparnas bisa sukses. Saya rasa 600 anggota cukup untuk mengamankan jalannya tiap pertandingan di masing-masing venue (arena pertandingan),'' katanya.

Event nasional ini diagendakan segera dilaksanakan pada tanggal 7 dan berakhir di 13 Oktober 2012 dengan mempertandingkan sebanyak 11 cabang olahraga. Masing-masingnya yakni cabang olahraga angkat berat, catur, bulu tangkis, tenis meja, atletik, renang, boling, futsal, panahan, tenis kursi roda dan voli duduk.

Untuk mendorong suksesnya kegiatan pesta olahraga bagi penyandang cacat tersebut, Panitia Besar (PB) Peparnas bersama "National Paralympic Committe" (NPC) selaku organisasi tertinggi olahraga itu serta tim "technical delegate" (TD) terus melakukan pematangan dalam hal persiapan. ***